1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PRESIDEN JOKOWI


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    11 Juni 2017 07:15

    Ini contoh kesederhanaan keluarga Presiden Jokowi

    Meski jadi orang nomor satu, Jokowi dan keluarganya tidak melulu mencari fasilitas wahid.

    Feed.merdeka.com - Tepat tanggal 20 Oktober 2014, Joko Widodo, alias Jokowi, telah resmi menyandang jabatan sebagai Presiden ke-7 RI menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono. Sejak itu pula, dia bersama keluarganya berhak menempati bagian manapun di Istana sebagai tempat tinggalnya.

    Meski menduduki jabatan tertinggi di negeri ini, namun baik Jokowi dan keluarganya tidak pernah lupa diri. Padahal, mereka juga berhak mendaatkan fasilitas terbaik dari negara, mulai dari pelayanan VIP dan pengawalan ketat.

    Pelayanan nomor satu tidak membuat mereka lupa diri, adakalanya salah satu anggota keluarga tepergok tanpa pengawalan atau berada di area ekonomi dengan bergabung bersama penumpang biasa lainnya. Berikut bukti kesederhanaan Jokowi yang sempat tertangkap kamera warga.

    Berbelanja di pasar tradisional

    Menjadi ibu negara, Iriana Joko Widodo tidak merasa risih untuk berada di pasar tradisional yang sering dikesankan semrawut dan bau. Sejumlah warga sempat memergoki Iriana sedang berbelanja di pasar tradisional, terutama saat berada di Solo, Jawa Tengah.

    Saat itu dia membeli sejumlah kebutuhan pokok bagi keluarganya, termasuk kerupuk. Menurutnya, jenis kerupuk yang paling disukai suaminya, Presiden Joko Widodo, hanya dijual di pasar tradisional.

    Tidak memanfaatkan fasilitas negara

    Beberapa penumpang secara tidak sengaja pernah mendapati putri bungsu Jokowi, Kahiyang Ayu, sedang bersantai di sebuah restoran terbuka di Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Saat itu, dia sedang bersama sang ibu, Iriana, sedang menanti penerbangan menuju Solo.

    Beberapa waktu lalu, Iriana juga diketahui sedang seorang diri di bandara yang sama dan duduk di ruang tunggu kelas ekonomi. Sedangkan Kahiyang juga tepergok kembali sedang berada di sebuah rumah makan bersama teman-temannya di sebuah rumah makan sederhana.

    Pakai penerbangan kelas ekonomi

    Meski sudah menjalani kesibukan baru sebagai seorang presiden, Jokowi tidak pernah melupakan tanah kelahirannya di Solo, Jawa Tengah. Sesekali, dia bersama istri Iriana, serta ketiga anaknya pulang ke sana untuk melepaskan diri dari penatnya peta perpolitikan di negeri ini.

    Menariknya, untuk kembali ke Solo dia justru memilih kelas ekonomi dan penerbangan reguler. Tidak sekalipun dia menggunakan pesawat kepresidenan meski berhak menggunakannya. Hal yang sama juga terjadi kepada ketiga anaknya.

    Yang tidak terlupakan adalah ketika Jokowi memilih menggunakan pesawat Garuda Indonesia kelas ekonomi saat menuju ke Singapura untuk menghadiri acara kelulusan Kaesang Pangarep.

    Keluarga yang harmonis

    10 Mei lalu, kedatangan Jokowi ke Papua untuk meninjau langsung pembangunan jalan dari Wamena hingga Mamugu memberikan pemandangan yang menarik. Nah, saat itu Iriana langsung mendekati dan memayungi suaminya yang sedang berada di atas motor trail. Lazimnya, hal seperti ini lazimnya dilakukan oleh ajudan.

    Jauh sebelumnya Jokowi beberapa menyempatkan diri untuk tampil dalam Vlog milik putra keduanya, Kaesang Pangarep. Saat tampil itu, ayah tiga anak tersebut tak segan bersenda gurau dan bahkan ikut dalam lomba memanah.

    Tak malu pakai produk lokal

    Dalam sejumlah kesempatan kunjungan kenegaraan, Presiden Joko Widodo sering menyempatkan diri mendatangi pusat-pusat keramaian masyarakat. Hal ini dimaksudkan Presiden, untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan warga.

    Presiden juga sering melakukan hal ini, untuk melihat dinamika ekonomi masyarakat. Hal ini pula yang dilakukan Presiden, saat berkunjung ke sebuah mal di Manado, Sulawesi Utara, pada 18 Oktober 2016. Bahkan pada kesempatan itu, Presiden membeli sepasang sepatu produk dalam negeri untuk digunakannya.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES