1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    11 Juni 2017 08:25

    Jangan paksakan tubuhmu jika sudah merasakan 7 hal ini

    Tubuh sudah memberi tanda, tetapi kita seringkali mengabaikannya. Apa ketujuh tanda itu?

    Feed.merdeka.com - Kesibukan bukan berarti seseorang harus mengurangi waktu istirahat untuk menjaga kondisi tubuh. Jika terus dipaksakan, bisa menyebabkan kesehatan menurun dan yang paling parah masuk ke rumah sakit, ngeri bukan.

    Nah, dikutip dari laman Bright Side, tubuh anda pasti sudah memberi tanda khusus yang tidak kita sadari bahwa sudah saatnya kita berhenti sejenak. Namun, ambisi terkadang membuat kita seringkali mengabaikannya.

    Apa saja tanda-tanda itu?

    Insomnia, mudah tersinggung dan kram kaki

    Jika tanda-tanda ini sudah terasa, tubuh membutuhkan magnesium dan potasium. Agar tidak mudah lelah, tambahkan menu berupa tomat, jeruk, pisang, dan bayam ke dalam makanan sehari-hari.

    Kulit kering

    Kekeringan kulit bisa menandakan kekurangan vitamin E. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lebih banyak sayuran, minyak, kacang-kacangan dan ikan.

    Ingin makanan dan minuman manis

    Bila tiba-tiba kamu merasakan keinginan kuat untuk memiliki sesuatu yang manis, maka stres, depresi, atau kelelahan bisa menjadi penyebabnya. Dalam hal ini tubuh meminta glukosa. Sementara itu, untuk menghindari kenaikan berat badan, lebih baik memiliki beberapa coklat atau madu berwarna gelap.

    Berkeinginan makan es

    Apakah merasa ingin makan es, jika iya mungkin menderita anemia dan kekurangan zat besi. Untuk itu segera mengonsumsi sumber besi terbaik seperti daging sapi, telur, dan moluska. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter jika ingin makan es dan kekurangan energi.

    Gusi berdarah

    Perdarahan gusi mendadak atau konstan saat sedang menyikat gigi adalah tanda adanya kekurangan vitamin C. Maka, sertakan produk berikut ini dalam makanan mulai dari buah sitrus, bayam, paprika hijau dan merah, tomat, kol, kembang kol dan brokoli.

    Kuku dan rambut menjadi rapuh

    Tubuh ingin mengatakan kepada kamu jika sudah mulai kekurangan vitamin B. Minum lebih banyak susu dan memakan beberapa rumput laut dan jamur nori bisa membantu mengatasinya.

    Terdapat cincin di sekitar iris mata

    Cincin seperti itu mungkin tampak pada orang berusia di atas 50 tahun, dan itu normal. Namun, jika muncul pada orang yang lebih muda, maka itu pertanda kadar kolesterol tinggi. Untuk itu, kamu harus berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES