1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Desy Afrianti    21 Januari 2018 10:07

    Tak hanya di rambut, ternyata kutu juga bersarang di bulu ketiak

    Bulu ketiak kutuan identik dengan rasa...

    Feed.merdeka.com - Selama ini mungkin kita sudah sering mendengar kutu yang bersarang di rambut kepala. Namun, ternyata kutu juga menyerang bulu ketiak.

    Meski bukan fenomena baru, tetapi kutu di bulu ketiak beda jenisnya dengan kutu rambut. Seperti dikutip dari hellosehat, jenis kutu di ketiak sama seperti kutu kemaluan.

    Spesies kutu yang menggerayangi rambut adalah Pediculus humanus capitis, sementara kutu yang biasanya ditemukan pada bulu ketiak adalah Phtirus pubis — yang sering bermukim di rambut kemaluan.

    Sebagai catatan, penyakit yang disebabkan oleh kutu Phtirus pubis ini disebut juga pedikulosis pubis. Selain di ketiak, kutu ini ternyata juga dapat menghinggapi area berambut lainnya di tubuh, seperti bulu dada, bulu kaki, janggut, bahkan bulu mata dan alis.

    Bulu ketiak kutuan identik dengan rasa gatal. Sebenarnya bukan badan kutulah yang membuat kulit ketiak gatal-gatal, melainkan reaksi tubuh terhadap racun dalam air liur kutu yang menggigit kulit untuk minum darah Anda. Akan tetapi, seberapa lama munculnya rasa gatal tergantung pada seberapa sensitif kulit.

    Selain gatal, kulit ketiak yang kutuan juga bisa menampakkan ruam kemerahan dan bintik-bintik kecil dengan ujung menonjol menyerupai gigitan serangga. Akan tetapi jika koloninya sedikit, kutu tidak akan menimbulkan gejala berarti.

    Telur kutu, atau disebut nit, sering kali terlihat seperti titik kuning, cokelat, atau cokelat kecil sebelum menetas yang menyangkut di sela-sela bulu ketiak. Setelah menetas, sisa cangkangnya terlihat putih atau transparan, dan akan tetap melekat kuat pada batang rambut.

    Selanjutnya ====>>> Kutu di ketiak bisa menular

    Kutu di ketiak bisa menular

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES