1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     3 Oktober 2017 10:31

    Catat, ubah kebiasaan tak sehat ini sebelum usia 40 tahun

    Usia 40 bisa menjadi suatu peringatan bagi Anda untuk memperbaiki hidup demi...

    Feed.merdeka.com - Anda mungkin sudah sering mendengar pepatah "hidup dimulai saat umur 40 tahun". Banyak yang bilang bahwa umur 40 menandakan usia matang dan juga puncak pencapaian dalam hidup.

    Namun, satu hal yang perlu diingat, ketika menginjak usia 40 tahun itu artinya Anda tak lagi muda. Usia 40 bisa menjadi suatu peringatan bagi Anda untuk memperbaiki hidup demi menjaga kesehatan, karena semakin tua maka kian rentan pula terhadap segala macam penyakit.

    Karena itu, mulaihlah ubah kebiasaan buruk Anda sebelum memasuki usia 40 tahun. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda tinggalkan sebelum menyongsong usia 40 tahun seperti dikutip dari health.com.

    Kecanduan gadget

    Apakah kecanduan gadget bisa menyebabkan sakit? Menurut kajian Harvard yang dikeluarkan pada 2011, terlalu sering menatap layar ponsel dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

    Para peneliti di Brigham & Women's Hospital di Boston menemukan bahwa pancaran gelombang dari gadget juga bisa mengacaukan irama sirkadian tubuh, sehingga menyebabkan seseorang susah tidur.

    Kurang tidur

    Seperti ponsel, tubuh dan otak kita juga perlu diisi ulang. Manusia dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam setiap malam. Kurang tidur akan meningkatkan risiko hipertensi, obesitas, dan juga stroke. Kurang tidur juga menyebabkan penuaan biologis yang membuat Anda terlihat lebih tua.

    Jarang makan

    Sengaja tidak makan dengan tujuan melangsingkan tubuh tidak baik bagi kesehatan, karena justru dapat meningkatkan nafsu makan yang mendorong orang ingin makan apa saja, termasuk yang tidak sehat. Jika hal itu terjadi maka bisa meningkatkan risiko diabetes. Hampir dua pertiga orang dewasa di rentang usia 40 dan 64 tahun
    didiagnosa diabetes.

    Mengabaikan tanda sakit

    Jangan abaikan peringatan gangguan kesehatan yang diberikan oleh tubuh. Segera ke dokter, mengidentifikasi masalah kesehatan sedini mungkin memiliki peluang kesembuhan yang cukup besar.

    Merokok

    Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, paru-paru, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Hentikan kebiasaan merokok sebelum usia Anda 40 tahun. Berhenti merokok sebelum usia 40 tahun dapat menurunkan risiko kematian akibat rokok hingga 90 persen.

    Terlalu banyak konsumsi garam

    Terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa menyebabkan hipertensi, penyebab utama serangan jantung dan stroke. Kita disarankan mengkonsumsi garam tidak lebih dari setengah sendok teh dalam sehari.

    Melupakan kehidupan seks

    Kesibukan membesarkan anak dan pekerjaan, membuat pasangan suami istri sering mengabaikan seks, terutama di usia 30-an. Tetapi ketika anak-anak beranjak dewasa, Anda harus mengembalikan seks dalam daftar prioritas. Menjaga kehidupan seks yang sehat, bahkan saat Anda memasuki usia paruh baya, merupakan bagian penting dari keintiman.

    Senang minum manis

    Terlalu banyak konsumsi minuman manis dapat meningkatkan resistensi insulin, dan diabetes.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES