1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Dwifantya Aquina    3 November 2017 10:00

    Bukan operasi plastik, wanita Vietnam makan tikus agar awet muda

    Tingkat popularitas tikus kian tinggi sehingga warga Vietnam benar-benar menciptakan masakan yang berbeda dengan bahan dasar daging tikus.

    Feed.merdeka.com - Ketika orang Korea menghabiskan ribuan dolar untuk operasi plastik, orang Vietnam memiliki cara sendiri untuk mempercantik diri mereka. Dan ini cara yang lebih murah!

    Rupanya untuk waktu yang lama, wanita Vietnam telah makan daging tikus, bukan karena mereka tidak punya pilihan lain, tapi karena mereka menyukainya.

    Namun, tidak setiap tikus yang mereka tangkap bisa dimakan. Misalnya, orang Vietnam akan selalu menjauhi tikus kota saat tikus-tikus itu makan sampah di gang belakang rumah dan saluran pembuangan. Daging tikus-tikus tersebut dianggap kotor dan bahkan beracun!

    Biasanya, mereka akan mengkonsumsi tikus sawah. Karena mereka banyak memakan nasi, sama seperti kita. Tikus-tikus ini dianggap 'bersih' dan aman dikonsumsi. Mereka mungkin merusak tanaman tapi petani tetap mencintai daging mereka.

    Percaya atau tidak, tikus sawah ini sebenarnya memiliki nilai yang berbeda! Tikus dengan bulu coklat muda memiliki kepala lebih besar dan kandungan lemak lebih banyak, oleh karena itu lebih mahal daripada yang berwarna coklat tua. Jadi bagaimana rasanya?

    Sebagian besar orang yang sudah makan tikus ini menggambarkan dagingnya terasa manis dan gurih, seperti dilansir worldofbuzz.com. Harga per satu kilogram daging sekitar Rp27 ribu dan seseorang dapat dengan mudah makan tujuh ekor tikus dalam satu tempat duduk!

    Beberapa dari mereka bahkan menggunakan tikus dalam rebusan dengan ramuan tumbuhan dan sayuran untuk menyembuhkan sakit pinggang atau rematik.

    tikus panggang
    © 2017 worldofbuzz.com/worldofbuzz.com

    Selain itu, para wanita Vietnam juga percaya bahwa daging tikus mengandung asam amino esensial tinggi, yang membantu regenerasi kulit untuk kulit yang lebih sehat sehingga membuat mereka terlihat lebih muda dan lebih cantik. Dengan kata lain, tikus setara dengan suplemen kulit mereka!

    Dahulu kala, para petani memesan tikus untuk konsumsi rumah tangga, tapi sekarang dijual secara terbuka di jalanan di Vietnam karena permintaannya yang tinggi. Tingkat popularitas tikus kian tinggi sehingga warga Vietnam benar-benar menciptakan masakan yang berbeda dengan menggunakan tikus. Mereka sudah memasaknya dengan cara digoreng, dimasak dalam sup pedas dan asam, dibuat menjadi kari dan bahkan dipanggang!

    Tertarik mencobanya?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES