1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     2 November 2017 17:01

    Bukan gangguan jiwa, berbicara sendiri ternyata bisa bikin pintar

    Bicara dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat, khususnya bagi psikologi seseorang.

    Feed.merdeka.com - Orang yang berbicara sendiri sering dibilang mengalami gangguan jiwa. Padahal, berbicara dengan diri sendiri memiliki banyak manfaat, khususnya bagi psikologi seseorang.

    Berbicara kencang tidak hanya berkomunikasi dengan orang lain. Psikolog menyebutnya external self-talk, yakni sebuah konsep untuk refleksikan diri.

    Ternyata berbicara sendiri bisa membuat lebih pintar. Kok bisa?

    Berbicara sendiri diyakini mampau meningkatkan kekuatan otak untuk lebih fokus dan meningkatkan daya ingat. Berbicara sendiri membuat otak dapat mengontrol berbagai rencana dengan lebih terstruktur, juga mengontrol emosi.

    Seperti dikutip dari indiatimes.com, studi yang dilakukan oleh Daniel Swingley di University of Wisconsin dan Gary Lupyan di University of Pennsylvania menemukan bahwa orang yang menyebutkan dengan kencang hal apapun maka akan mudah mengingatnya.

    Mendengar kata-kata sendiri membantu otak memproses informasi lebih cepat. Misalnya saja saat Anda menyimpan kunci atau dompet, ucapkan dengan keras lokasi penyimpanan, niscaya itu memudahkan Anda ketika mencarinya.

    Jadi, cobalah mengatakan dengan kencang kepada diri sendiri apa yang baru saja Anda pelajari, dijamin Anda akan merasakan manfaatnya. (poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES