1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     2 November 2017 11:00

    Benarkah kebanyakan makan telur bisa bisulan?

    Beberapa makanan memang bisa memicu berkembangnya jerawat batu alias jerawat kistik yang memiliki ciri-ciri mirip dengan bisul.

    Feed.merdeka.com - Anda pasti pernah mendengar larangan orang tua soal terlalu banyak makan telur. Konon orang tua mempercayai anak mereka bisa bisulan lantaran banyak makan telur.

    Atau jangan-jangan Anda juga percaya dengan mitos kesehatan yang santer terdengar dari generasi ke generasi itu?

    Telur merupakan salah satu makanan sehat yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Satu butir telur mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B5, vitamin B12, vitamin B2, fosfor, selenium, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B6, kalsium, dan seng.

    Lantas, apa benar telur itu penyebab bisul?

    Bisul adalah infeksi kulit yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Pada awalnya, bisul hanya tampak seperti ruam kemerahan yang terasa sakit saat disentuh. Lama kelamaan akan kemerahan ini akan berkembang membentuk benjolan keras, terisi penuh oleh nanah yang bisa melunak saat disentuh. Benjolan kadang bisa menjadi sebesar bola ping-pong.

    Bisul sering muncul di badan atau punggung, leher, ketiak, bokong, atau selangkangan. Tapi bisulan dapat Anda alami di bagian tubuh mana saja, terutama di daerah kulit berambut yang rentan berkeringat atau mengalami gesekan.

    Penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang hidup di kulit, di dalam hidung, dan tenggorokan. Kulit merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh manusia terhadap benda asing dan kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, kulit yang rusak, karena tergores atau tertusuk, dapat menjadi gerbang bagi bakteri masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi kulit di sekitarnya.

    Beberapa bisul juga dapat disebabkan oleh infeksi dari rambut yang tumbuh ke dalam. Kulit yang terinfeksi mengacaukan kerja sistem imun tubuh sehingga lokasi luka jadi bernanah.

    Siapa saja yang rentan bisulan?

    Semua orang bisa bisulan. Tapi biasanya orang-orang dengan penyakit tertentu atau yang sedang mengonsumsi obat tertentu yang melemahkan sistem kekebalan tubuh akan lebih mudah bisulan. Penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh termasuk diabetes atau gagal ginjal.

    Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah misalnya karena usia tua atau HIV, Anda juga rentan bisulan.

    Lalu, kenapa makan telur bisa jadi penyebab bisul?

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus yang menginfeksi kulit. Jadi, sebenarnya anggapan yang mengatakan bahwa kebanyakan makan telur bisa bikin bisulan itu salah besar.

    Namun demikian, beberapa makanan memang bisa memicu berkembangnya jerawat batu alias jerawat kistik yang memiliki ciri-ciri mirip dengan bisul.

    NEXT: Makanan pemicu

    Makanan pemicu

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES