1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. V
  6.  » 
  7. VIRAL NEWS


  8. Reporter :     2 November 2017 18:01

    Bocah 9 tahun punya 9 batu ginjal, penyebabnya tak disangka...

    Ada delapan batu ginjal berukuran sekitar 0,6 sampai 2 cm di ginjal kirinya, sementara di ginjal kanannya ada batu yang sangat besar.

    Feed.merdeka.com - Seorang anak laki-laki yang baru berusia 9 tahun baru saja menjalani operasi untuk mengeluarkan sembilan batu ginjal dari perutnya. Temuan aneh ini menimpa Xiao Fang asal Chongqing, China setelah ia mengeluh rasa sakit yang luar biasa selama tiga bulan.

    Dilansir Apple Daily, ayah Xiao Fang tak terlalu memperhatikan keluhan sang anak. Dia pikir itu normal karena anaknya sangat aktif dan berkembang dengan cepat.

    Hingga akhirnya diketahui ada sembilan batu ginjal di dalam perutnya, dokter mengatakan kondisinya sangat buruk. Jika terlambat sebentar saja maka anak itu akan mengalami gagal ginjal. Yang berarti dia harus menjalani dialisis selama sisa hidupnya.

    Tim dokter harus melakukan dua kali operasi pada Xiao Fang yang masih terlalu muda. Akhirnya mereka berhasil menyingkirkan sembilan batu dari kedua ginjal tersebut. Ada delapan batu ginjal berukuran sekitar 0,6 sampai 2 cm di ginjal kirinya sementara mereka menemukan satu batu ginjal besar dengan diameter 4 cm di ginjal kanannya. Itu sangat besar!

    Ternyata, batu ginjal telah menyebabkan ginjalnya membengkak akibat penumpukan urin yang membuat saluran kencingnya terhambat.

    Tentu saja, ayahnya tercengang dengan temuan ini dan tidak bisa mengerti bagaimana anaknya bisa mendapatkan penyakit seperti itu.
    Dokter menduga bahwa hal itu bisa disebabkan oleh susu bubuk yang Xiao Fang minum. Tapi mereka mengatakan bahwa mungkin ada faktor lain yang berkontribusi juga. Dokter kemudian mengingatkan orang tuanya bahwa mereka harus memastikan anak-anak mereka memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

    Dokter juga mengatakan bahwa sering kali anak yang suka makan daging, manisan dan makan makanan ringan berkalori tinggi lainnya dapat berisiko tinggi terkena penyakit ini, terutama jika mereka tidak minum cukup air putih.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES