1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. M
  6.  » 
  7. MATA


  8. Reporter :     15 Februari 2018 11:31

    Bikin merinding, belasan cacing ditemukan di dalam mata wanita ini

    Awalnya wanita 26 tahun itu mengeluhkan rasa gatal yang luar biasa di...

    Feed.merdeka.com - Seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat, kaget bukan main mengetahui ada belasan cacing parasit yang bersemayam di matanya. Awalnya wanita 26 tahun itu mengeluhkan rasa gatal yang luar biasa di bagian matanya.

    Dia diketahui terkena serangan cacing kecil berjenis Thelazia gulosa. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat mengungkapkan, ada 14 cacing parasit yang ditemukan di mata wanita tersebut. Cacing jenis Thelazia gulosa memiliki panjang rata-rata 1,27 sentimeter.

    Seperti dikutip dari asiaone, wanita itu menjadi orang pertama di dunia yang terjangkit Thelazia gulosa. Kasus serangan cacing jenis ini sebelumnya hanya ditemukan pada hewan ternak yang disebarkan oleh lalat yang hinggap di bagian kelopak mata.

    Cacing Thelazia sebelumnya terlihat pada mata hewan ternak di Amerika Serikat bagian utara dan selatan Kanada. Para peneliti melaporkan temuan itu dalam American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Mereka juga mengatakan bahwa warga yang tinggal di kawasan itu lebih rentan terkena infeksi tersebut daripada yang jauh dari area itu.

    Menurut periset, jika cacing berada di dalam mata seseorang dalam waktu yang cukup lama, maka dapat menyebabkan luka pada kornea dan bahkan mengakibatkan kebutaan.

    "Kasus infeksi parasit cacing di mata memang jarang terjadi di Amerika Serikat. Dan cacing jenis Thelazia gulosa belum pernah ditemukan di mata manusia," kata pemimpin penelitian Richard Bradbury, yang bekerja di Divisi Parasitik CDC dan Malaria.

    Bradbury memperkirakan, di dunia ini baru ada dua spesies cacing yang masuk ke mata dan menginfeksi manusia. Sedangkan kasus Thelazia gulosa yang ini masuk dalam daftar yang ketiga.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES