1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     30 November 2017 13:01

    Basmi bau kaki tak sedap dengan 5 cara jitu ini

    Bau kaki bukan saja akan menyebabkan kita merasa minder dan salah tingkah, namun juga bisa menghambat pergaulan.

    Feed.merdeka.com - Bau kaki mungkin terkesan sepele dan bukan hal yang penting. Namun jika kaki Anda berbau tak sedap tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah.

    Terlebih jika Anda harus membuka sepatu di tengah aktivitas bersama rekan-rekan maupun orang banyak. Bau kaki bukan saja akan menyebabkan kita merasa minder dan salah tingkah, namun juga bisa menghambat pergaulan.

    Problem bau kaki tidak mengenal usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua bisa mengalami masalah ini. Umumnya bau tak sedap yang keluar dari kaki lebih disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi udara akibat sepatu atau kaos kaki yang terlalu rapat menutup kaki dalam waktu yang relatif lama. Akibatnya keringat yang keluar dari kaki tidak bisa menguap.

    Namun bau tak sedap itu sendiri muncul bukan karena keringat yang keluar di kaki. Problem bau kaki terjadi karena adanya bakteri yang ikut menunggangi keringat yang tak bisa menguap tersebut. Kondisi kaki yang lembab itulah yang menyebabkannya bakteri bersarang.

    Tenang, ada cara ampuh yang bisa membuat kaki Anda bebas dari bau tak sedap. Ikuti caranya yang berikut ini.

    1. Cuci Kaki dengan Air Garam

    Untuk mengurangi bau kaki tak sedap, sering-seringlah merendam kaki dalam air yang dicampur dengan garam selama sekitar 20 menit. Lakukan cara ini begitu tiba di rumah setelah mengenakan sepatu dalam waktu yang lama di sekolah atau di kantor. Air garam sangat baik untuk menghalau kutu air dan membuat kaki lebih sehat tanpa bau.

    2. Rendam Kaki dalam Air Lemon Tea

    Lemon ternyata tak hanya nikmat saat diminum namun juga efektif untuk menghalau bau kaki tak sedap. Namun agar tidak boros gunakan saja teh bekas rendaman yang telah basi dan tambahkan jeruk lemon dengan air untuk merendam kaki. Lakukan cara menghilangkan bau kaki ini setidaknya sekali seminggu, termasuk untuk memelihara kesehatan kaki.

    3. Gunakan Bedak Antiseptik

    Jika kaki Anda mudah mengeluarkan keringat, sebaiknya gunakan bedak antiseptik atau bedak yang biasa digunakan untuk biang keringat sebelum Anda mengenakan kaos kaki dan sepatu. Caranya, taburkan saja bedak pada kaki yang telah dikeringkan terutama pada sela jari kaki sebelum memakai kaos kaki.

    4. Pilih Kaos Kaki Bahan Lembut

    Jika Anda sering mengenakan sepatu atau alas kaki tertutup, pilihlah kaos kaki dengan bahan yang halus yang mudah menyerap keringat. Bahan katun atau sutera tentunya sangat memadai dalam menjaga kaki tetap kering. Sebaiknya hindari menggunakan kaos kaki lebih dari sehari untuk mencegah bakteri mudah datang pada kaki yang mudah berkeringat.

    5. Pilih Sepatu yang Longgar dan Berongga

    Pemilihan terhadap sepatu yang sehat untuk kaki juga merupakan cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif. Sepatu yang sehat dan baik adalah yang memberikan sirkulasi udara pada kaki. Ukuran sepatu juga jangan terlalu sempit yang justru akan mengkondisikan kelembaban pada kaki.

    (Berbagai sumber)

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES