1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Stella Maris    11 Oktober 2017 12:01

    Ada yang tak terduga di pusar manusia. Coba cek bagian tubuh kalian!

    Astaga, ada ribuan bakteri!

    Feed.merdeka.com - Peneliti dari California Utara melakukan penelitian bakteri yang ada di pusar manusia. Hasilnya mengejutkan. Ada ribuan bakteri di bagian tubuh manusia.

    Laman Theatlantic menyebut, bakteri di pusar dianalogikan sebagai hutan hujan yang punya banyak flora dan fauna.

    Dari hasil penelitian pada 60 orang peserta, ditemukan 2.368 bakteri dan sebanyak 1.458 diketahui merupakan jenis baru di dunia sains.

    Dari puluhan pusar yang diteliti, rata-rata setiap orang memiliki 29 spesies bakteri dan terbanyak jumlahnya mencapai 107.

    Meski di area pusar menumpuk banyak bakteri, apakah berbahaya? Tidak semua bakteri adalah kuman yang buruk dan berbahaya bagi tubuh.

    Spesies itu bersifat baik dan bahkan mampu melawan bakteri jahat. Tapi, para ilmuwan tetap menyarankan agar manusia menjaga kebersihan pusar.

    "Itu karena bagian perut dijadikan akses untuk pembedahan. Ada baiknya kita menjada kebersihannya," jelas dr Claire Cronin dari Massachusetts Medical Society.

    Nah untuk membersihkannya, hindari menggunakan alkohol karena area pusar punya kadar pH yang berbeda. Kalian cukup memberisihkan bagian pusar dengan sabun dan air.

    Yuk cek udel kita sekarang!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES