1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     11 Oktober 2017 09:46

    Bahaya di balik tren pakai sepatu tanpa kaus kaki

    Gaya seperti ini biasanya ditampilkan pria. Mereka menyebutnya dengan istilah 'mankle'.

    Feed.merdeka.com - Menggulung ujung bawah celana tengah menjadi tren. Para remaja terlihat begitu nyaman memperlihatkan sepatunya. Tak jarang, mereka memakai sepatu tanpa kaus kaki. 

    Gaya seperti ini biasanya ditampilkan pria. Mereka menyebutnya dengan istilah 'mankle'.

    Meski nyaman dipakai, ternyata menggunakan sepatu tanpa kaus kaki atau istilahnya "sockless" beresiko mengalami penyakit kaki atlet atau kutu air. Pernyataan itu dikemukakan oleh Collage of Podiatry, sebuah cabang kedokteran yang khusus menangani masalah dan kelainan pada kaki. 

    "Umumnya, kami melihat semakin banyak pria datang kepada kami dengan masalah yang disebabkan alas kaki yang tidak pas, dan bukan hanya karena memilih bepergian mengenakan sepatu tanpa kaus kaki," kata Emma Stevenson, dari College of Podiatry, dikutip dari telegraph.co.uk. 

    Masalah itu datang dari jumlah keringat yang sihasilkan pria. Memang, pria lebih banyak menghasilkan keringat pada kaki dibanding perempuan. Bila tidak ada kaus kaki yang menyerap keringat, kaki akan rentan terinfeksi jamur. 

    Penyakit ini merupakan ruam yang paling sering muncul di antara jari-jari kaki. Biasanya, akan menyebabkan kulit melepuh, merah, dan gatal. 

    Jika sudah terjangkit, penyakit 'kaki atlet' itu bisa diatasi dengan krim atau segeralah memakai kaus kaki kembali saat mengenakan sepatu.

    (Randi Mulyadi/dwq)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES