1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     27 Desember 2017 12:00

    Wanita yang alami trauma berisiko obesitas, ini obatnya

    Ketika wanita mengalami satu peristiwa yang menyebabkan psikologis tertekan, maka risiko obesitasnya meningkat.

    Feed.merdeka.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang mengalami trauma, tekanan psikologis, atau pernah mengalami hal buruk dalam hidupnya memiliki risiko obesitas lebih besar dibandingkan wanita yang tidak mengalami hal yang sama.

    Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh University of California, seperti dilansir hellosehat.com, risiko obesitas meningkat sebesar 36 persen pada wanita yang pernah mengalami tekanan psikologis.

    Penelitian yang melibatkan 21.904 wanita yang berumur paruh baya atau lebih tua ini menemukan bahwa mereka yang mengalami peristiwa traumatis atau yang menyebabkan tekanan psikologis seperti kematian anak, kekerasan, penyakit yang mengancam nyawa mereka, setidaknya selama lima tahun terakhir cenderung lebih mudah mengalami obesitas.

    Wanita yang setidaknya mengalami satu peristiwa yang menyebabkan psikologis mereka tertekan meningkatkan risiko obesitas sebesar 11 persen dibandingkan wanita yang tidak mengalami kejadian serupa.

    Seperti yang dilansir dari Medical News Today, risiko obesitas bahkan 36 persen lebih tinggi jika wanita mengalami setidaknya empat peristiwa traumatis dalam hidupnya selama lima tahun terakhir. Penelitian ini mengungkapkan bahwa semakin banyak peristiwa yang menyebabkan tekanan psikologis pada wanita, maka semakin tinggi tingkat risiko obesitas.

    Penulis penelitian ini, Dr. Michelle A. Albert, mengatakan bahwa stres yang disebabkan oleh tekanan psikologis memengaruhi perilaku seseorang, termasuk kebiasaan makan. Mereka yang mengalami stres cenderung untuk makan secara berlebihan dan tidak memedulikan hal ini karena pikiran mereka terus berpusat pada trauma yang masih menghantui. Selain itu, aktivitas neurohormonal pada bagian produksi hormon kortisol meningkat. Hormon ini memiliki peran meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan penambahan berat badan.

    Penelitian ini mengungkapkan bahwa melihat masalah psikologis bisa mengatasi obesitas jika memang faktor tekanan psikologis atau stres yang menjadi penyebabnya.

    Lantas, apakah obesitas ada obatnya?

    Baca di halaman selanjutnya >>>

     

    Obat obesitas untuk wanita adalah...

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES