1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    18 Mei 2015 11:38

    Segera Lupakan Mitos-Mitos Menstruasi Ini

    Masih banyak saja mitos-mitos aneh mengenai menstruasi yang berkembang di antara wanita.

    Feed - Datang bulan (menstruasi) merupakan siklus yang harus dijalani wanita dewasa. Tidak ada yang salah dengan menstruasi karena itu merupakan proses alami yang menunjukkan bahwa seorang wanita bisa menghasilkan keturunan.

    Herannya, di zaman yang sudah modern dan penuh bukti medis, masih banyak saja mitos-mitos aneh mengenai menstruasi yang berkembang di antara wanita. Simak dulu bukti berikut untuk menangkal ucapan mereka yang masih saja percaya dengan mitos menstruasi.

    Tidak bisa hamil ketika menstruasi
    Hal ini bukannya tidak mungkin karena ovulasi merupakan proses yang tidak bisa diprediksi. Selama Anda masih wanita sehat dan produktif, maka selalu ada peluang untuk hamil.

    Tidak boleh berenang
    Tidak ada alasan mengapa Anda tidak boleh berenang ketika tengah datang bulan. Gunakan tampon dan Anda bisa berenang dengan bebas.

    Mandi dengan air hangat bikin "deres"
    Mitos ini tidak memiliki bukti empiris. Tidak ada hubungannya antara mandi dengan air hangat dengan deras tidaknya aliran darah menstruasi.

    Dilarang olah raga
    Olah raga selalu baik untuk kesehatan. Malah ada gerakan olah raga yang membantu meringankan kram ketika datang bulan. Selain itu, olah raga melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan mood Anda.

    PMS itu khayalan belaka
    Tidak! Premenstrual syndrome (PMS) merupakan kondisi yang tercipta akibat hormon yang fluktuatif sebelum datang bulan. Gejalanya termasuk depresi, rasa lelah, sakit kepala, hingga kram. Sebanyak 85 persen wanita mengalami hal ini.

    Siklus menstruasi 28 hari
    Tidak semua perempuan memiliki siklus menstruasi yang sama. Hitungan angka 28 hari merupakan jendela waktu yang menjadi patokan saja namun tidak bisa diterapkan ke semua wanita. Banyak faktor yang memengaruhi siklus bulanan wanita.

    Baca juga: 5 Pantangan Setelah Makan

    Cara Alami Kembalikan Warna Ketiak Hitam

    Ciri-Ciri Kanker Leher Rahim

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES