1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    15 Mei 2015 15:37

    Ciri-Ciri Kanker Leher Rahim

    Penyakit ini "memakan" kesehatan wanita dari dalam tubuhnya.

    Feed - Kanker serviks atau kanker leher mulut rahim merupakan penyakit yang paling ditakuti kaum Hawa. Penyakit ini "memakan" kesehatan wanita dari dalam tubuhnya dan menyebabkan berbagai komplikasi. Berdasarkan data dari WHO, kanker serviks menjadi penyebab kematian ribuan wanita setiap tahunnya.

    Waspadai ciri-cirinya seperti dilansir Family Share agar bisa Anda cegah sedini mungkin. Harap diingat bahwa gejala ini baru bisa dikonfirmasi sebagai kanker serviks sesudah ada tes dan pemeriksaan dari ginekolog Anda. Untuk Anda yang sudah menikah, jangan lupa juga lakukan pap smear paling tidak sekali dalam setahun.

    via hudsonvalleynewsnetwork.com

    1. Pelepasan cairan yang tidak biasa
    Ketika kanker mulai berkembang di leher rahim, sel-sel di dinding rahim mulai tersingkir sehingga menyebabkan pelepasan cairan yang tidak biasa.

    2. Kutil
    Dikatakan ginekolog Rosa Maria Leme, kutil merupakan pertanda yang harus diwaspadai. "Kemunculan kutil kecil (di dalam mau pun di luar) merupakan pertanda adanya penyakit macam HPV yang bisa meningkatkan peluang terjadinya kanker serviks pada wanita."

    via www.bestselling.sg

    3. Sakit atau pendarahan
    Kanker serviks yang tumbuh di dinding leher rahim bisa kering bahkan pecah. Ini bisa menyebabkan pendarahan dan perasaan tidak nyaman. Bahkan dalam beberapa kasus bisa menimbulkan pendarahan yang keluar dari dubur atau kantung kemih. Mulai sekarang waspadai pendarahan di luar periode menstruasi Anda.

    4. Anemia
    Waspada jika nafsu makan Anda tidak berubah namun rasanya masih saja letih. Karena ini menjadi salah satu gejala anemia yang disebabkan oleh pendarahan yang abnormal dan biasanya dibarengi dengan kedatangan kanker serviks.

    5. Masalah buang air kecil
    Ketika leher rahim membengkak, kantung kemih dan ginjal akan tertekan dan merusak jalur keluarnya urine. Ini menyebabkan seseorang sulit untuk buang air kecil sehingga menimbulkan infeksi lanjutan di bagian kemih.

    via www.healthtap.com

    6. Sakit di kaki, pinggul, dan punggung
    Membengkaknya leher rahim juga berdampak pada tertekannya organ bagian dalam lainnya, termasuk pembuluh darah. Sehingga membuat darah sulit mencapai panggul dan kaki. Bisa ditebak, ini membuat kaki seseorang mengalami rasa sakit bahkan bengkak.

    7. Bobot tubuh menyusut
    Seperti kanker pada umumnya, kanker leher rahim akan menyebabkan berat tubuh menurun. Sebab, leher rahim yang makin membengkak akan menekan perut dan menyebabkan turunnya nafsu makan yang berujung pada hilangnya berat badan secara drastis.

    Baca juga: Waspada 10 Pertanda Kanker

    8 Dalil Mencengangkan Soal Kanker

    5 Kanker Paling Mematikan

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES