1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERISTIWA


  8. Reporter : Zika    4 Januari 2016 11:13

    Rangkaian Foto Agus Suparto, Si Fotografer "Pengejar" Jonru

    Foto karya Agus dituduh palsu oleh Jonru. Inilah hasil karya Agus lainnya.

    Feed.merdeka.com - Awal Januari 2016 dibuka dengan kontroversi foto Presiden Joko Widodo di Raja Ampat, Papua Barat. Foto dengan tampilan Jokowi yang tengah bersantai melihat matahari tenggelam itu dituding Jonriah Ukur Ginting alias Jonru sebagai foto palsu.

    Dalam akun Facebooknya, Jonru menyatakan,"Sinar matahari dari belakang, tepat di bagian punggung. Namun kenapa di bagian punggung justru ada bayangan? Kenapa bagian punggung justru lebih gelap dibanding bagian depan, padahal cahaya matahari berasal dari belakang?"

    Pernyataan ini sontak menimbulkan kontroversi karena terbukti foto tersebut adalah asli tanpa sentuhan digital tambahan. Pernyataan terkeras keluar dari Agus Suparto, sang fotografer yang menjepret foto tersebut ketika ia dan rombongan Presiden tengah berkunjung ke objek wisata di timur Indonesia itu. Dilansir dari Merdeka.com, meski Jonru sudah meminta maaf, Agus tetap mengancam akan menempuh jalur hukum untuk memperkarakan Jonru.

    Agus sendiri dikenal sebagai fotografer spesialis udara, ia bahkan menjadi Principal di Asia Aero Images. Lulusan studi Antropologi Universitas Gadjah Mada ini juga dikenal sebagai fotografer kawakan dengan karya yang mengundang decak kagum. Lihat rangkaian foto karya Agus yang dilansir dari akun Facebook-nya berikut. 

    Foto Presiden Rapat di Tengah Hutan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES