1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    4 Januari 2016 09:00

    Tips Mengatasi Kulit Tangan Kering dan Pecah-Pecah

    Cara ini mudah tapi dijamin ampuh melawan kulit kering dan pecah-pecah.

    Feed - Pernahkah Anda menemukan tangan atau jari-jari tangan Anda memerah, pecah-pecah, dan mengelupas? Mungkin Anda mengalami masalah kulit kering yang serius. Pecah-pecah pada jari Anda akan terasa sangat menyakitkan saat Anda melakukan hal kecil, seperti mengetik, membuka halaman buku, atau menekan sebuah tombol. Seperti yang dilansir dari longevity.about.com, inilah perawatan yang harus Anda lakukan untuk mengobatinya.

    via justanswer.com

    Dr. Barbara Reed, dokter kulit dari the University of Colorado, AS, menjelaskan pengobatan yang terbaik adalah pencegahan sebelum terjadinya masalah ini. Yaitu dengan menghindari mencuci tangan terlalu sering terutama dengan sabun yang mengandung terlalu banyak deterjen. Lembapkan kulit Anda dengan sering menggunakan krim tangan atau lotion, yang mengandung petrolatum, wax, dan shea butter.

    Jika Anda pekerja yang mengharuskan sering melakukan kegiatan mencuci tangan, seperti penata rambut atau pekerja di tempat penitipan anak, gunakanlah sarung tangan. Pilihlah sarung tangan yang terbuat dari bahan vinyl atau lateks agar kulit tidak langsung terkena air dan bahan kimia.

    Anda dapat memilih pembersih yang mengandung hypoallergenic. Selain itu gel yang mengandung alkohol lebih ampuh merawat kulit yang kering daripada sering mencuci tangan menggunakan sabun. Perlu diperhatikan pula bahwa kandungan alkohol yang terlalu banyak juga tidak baik karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

    via justanswer.com

    Percaya atau tidak, banyak orang yang menggunakan 'lem super' untuk mengobati penyakit kulit kering. Solusi ini sangat populer karena Lem tersebut mengandung perekat cyanoacrylates yang berguna untuk melepaskan kulit kering dan pecah-pecah. Tetapi penggunaan lem ini dianjurkan untuk kulit pecah-pecah yang ada di permukaan kulit saja. Jika digunakan pada luka yang dalam dapat menyebabkan infeksi dan keracunan jika tertelan.

    Sebelum menggunakannya, kulit Anda harus dibersihkan terlebih dahulu untuk mencegah iritasi. Namun jika terlihat tanda-tanda tangan Anda bengkak, berdarah, atau memiliki kerak berwarna kekuningan di setiap kulit yang pecah-pecah, pergilah ke dokter untuk ditangani secara lebih medis.

    Baca juga:

    Siapa Sangka, Rahasia Kulit Bersinar Ternyata Berasal dari Air Kaktus

    Waspada, Penyakit Kulit Ini Mengintai Anak Balita Anda

    Jangan Jijik Dulu, Tapi Inilah Manfaat Makan Kulit Pisang

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES