1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Zika    7 Mei 2015 17:30

    Panduan Sebelum Menindik Telinga Bayi

    Anda sebaiknya mulai menindik telinga bayi di usie enam bulan sehingga ia memiliki kesempatan mengembangkan sistem kekebalan.

    Feed - Memiliki anak perempuan membuat Anda merasa melayang. Tidak sabar rasanya mendandaninya menjadi bayi imut-imut lengkap dengan aksesoris kewanitaan. Salah satunya, anting atau giwang. Dilansir dari situs healthmeup, Anda sebaiknya mulai menindik telinga bayi di usie enam bulan sehingga ia memiliki kesempatan mengembangkan sistem kekebalan di tubuhnya. Berikut adalah panduan lengkap mengenai menindik telinga bayi.

    via www.tinyblessings.com

    Pastikan si bayi sudah disuntik
    Sebelum mulai menindik, Anda musti ingat jika ini bisa menimbulkan infeksi. Maka itu pastikan bayi Anda sudah mendapat suntikan tetanus dan beragam vaksin lain yang dibutuhkan sesuai usianya.

    Dilakukan oleh ahlinya
    Lebih baik jika proses penindikan ini dilakukan oleh dokter anak. Periksa beberapa rumah sakit yang dokter anaknya bisa melakukan hal ini. Mengapa demikian? Karena dokter cenderung memiliki standar kebersihan yang tinggi dan lebih higienis.

    Pastikan standar kebersihan
    Mereka yang menindik kuping bayi Anda harus mencuci tangannya lebih dulu dan menggunakan sarung tangan. Peralatan yang digunakan pun harus higienis.

    via www.fashionplans.net

    Matikan rasa sakitnya
    Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak mengenai krim yang bisa mematikan rasa sakit ketika ditindik. Aplikasikan pada area yang akan ditindik sekitar 45 menit sebelum penindikan dimulai. Atau Anda bisa juga menggunakan es yang dibalut dengan kain dan tempelkan pada kuping bayi.

    Pilih giwang
    Hindari anting yang bergoyang karena akan mudah tersangkut dan menyakiti bayi Anda. Lebih baik Anda memilih giwang yang lebih sederhana namun tetap memberi kesan cantik pada sang bayi.

    Rajin bersihkan kupingnya
    Infeksi kuping bisa terjadi karena penindikan. Cegah hal itu dengan rajin membersihkan kuping bayi Anda dengan cotton bud yang sudah lebih dulu dicelup ke baby-oil.

    via www.fashionplans.net

    Putar anting dengan perlahan
    Putarlah anting satu atau dua kali per hari agar melancarkan peredaran darah di sekitar kuping. Hindari mengganti anting-anting tersebut paling tidak dua minggu. Ketika akhirnya Anda ganti, segera ganti dengan anting yang baru.

    Cegah tangannya memegang kuping
    Kuping yang terasa sakit akibat ditindik akan membuat bayi Anda gemas ingin memegangnya. Usahakan ini jangan terjadi karena malah bisa membuat kuping bayi infeksi. Hindari juga terkena sampo dan sabun ketika mandi. Hati-hati juga ketika mengenakan baju padanya karena anting suka nyangkut di pakaian dan malah bisa membuat bayi Anda menjerit kesakitan.

    Baca juga: Hebat, Mereka Melahirkan Lebih dari 50 Anak

    6 Tips Melahirkan Anak Jenius

    Jangan Ajarkan 5 Perkara Uang Ini Pada Anak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES