1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Lia Harahap    3 Juni 2017 08:15

    Meski baunya tak sedap, bawang putih punya manfaat hebat buat tubuh

    Bawang putih memiliki senyawa yang mengandung belerang seperti allicin, diallyl disulphide, diallyl trisulphide, dan lain-lain

    Feed.merdeka.com - Banyak orang yang tak terlalu menyukai makanan beraroma bawang putih menyengat. Padahal, bawang putih punya manfaat tersembunyi yang tidak diketahui banyak orang.

    Bawang putih memiliki senyawa yang mengandung belerang seperti allicin, diallyl disulphide, diallyl trisulphide, dan lain-lain yang baik untuk tubuh. Selain itu merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti selenium, germanium, vitamin dan mineral.

    Allicin, merupakan zat aktif yang mampu menurunkan tekanan darah manusia. Apalagi jika dikonsumsi secara mentah, khasiatnya akan lebih teras. Sangat baik bila bawang putih dikonsumsi 1-1,5 gram setiap untuk mengendalikan tekanan darah.

    Selain itu ada sederet manfaat lainnya dari satu siung bawang putih. Berikut ini cara penyajiannya:

    1. Serbuk Bawang Putih

    Jika anda dapat mengonsumi serbuk bawang putih 600-900 mg, maka dapat mengurangi tekanan darah tinggi 9-12 persen. Sebab di dalam 600 mg dosis bubuk bawang putih, terkandung 3,6 mg allicin.

    2. Memasak dengan Bawang Putih

    Makanan yang dicampurkan bawang putih dapat menonaktifkan allinase dan senyawa yang mengandung belerang lainnya. Allicin sangat tidak stabil. Karena ketidakstabilan ini, bawang putih yang dimasak memiliki potensi melepaskan allicin yang kurang. Dengan begitu, anda akan terhindar dari tekanan darah tinggi akibat makanan yang dikonsumsi berkat bantuan si bawang putih.

    3. Bawang Putih mentah dalam makanan

    Itu akan membuat anda lebih baik dan sehat jika mengonsumsinya secara rutin. Bawang putih mentah dalam makanan juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

    4. Minyak Bawang Putih

    Tak hanya bawang putih, minyaknya juga mengandung khasiat bagi tubuh anda. Caranya tumis beberapa siung bawang putih di atas api sedang selama 3-5 menit dengan minyak zaitun. Biarkan sampaikan panas lebih kurang 15 menit. Matikan api dan dinginkan, lalu saring. Minyak ini akan sangat baik dicampurkan dalam makanan anda semisal sepotong roti.

    5. Bawang Putih dicampur teh

    Cara lain menyajikan bawang putih agar terasa khasiatnya dengan mencampurkan ke teh. Caranya, rebus segelas air, masukkan bawang putih dan teh bubuk. Tunggu sampai mendidih, kemudian saring dan tambahkan madu 1/2 sendok teh. Ramuan ini juga baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi

    Meski ada manfaatnya, tentu ada pula efek samping yang mungkin timbul. Seperti masalah pada pencernaan seperti kembung apalagi jika diminum dalam perut kosong. Buat anda yang alargi bawang putih sebaiknya tidak mencoba sebab hanya akan membuat anda mual, muntah, sakit kepala dan sesak.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES