1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. ILMU PENGETAHUAN


  8. Reporter : Lia Harahap    2 Juni 2017 12:42

    Keren, pemuda ini bikin inovasi bra pendeteksi kanker payudara

    Ide itu bermula ketika ibunya didiagnosis menderita kanker payudara.

    Feed.merdeka.com - Usia pemuda ini saat itu baru 13 tahun. Namun karya yang dihasilkan sungguh membanggakan. Julian Rioe Cantu membuat inovasi bra yang dapat mendeteksi adanya sel kanker atau tidak pada payudara wanita.

    Ide itu bermula ketika ibunya didiagnosis menderita kanker payudara. Sebagai anak yang usianya belum dewasa, Julian merasa kabar buruk itu cukup memukulnya. Dia tak membayangkan hari-harinya tanpa ibu tercinta. Namun kekuatan seolah datang pada dirinya. Dia berpikir harus melakukan sesuatu bukan hanya untuk menyelamatkan ibunya tapi wanita lain dengan kondisi serupa.

    Setelah ibunya divonis mengidap kanker, Julian melihat betapa ibunda menahan sakitnya. Dia tak ingin wanita lain merasakan hal yang sama.

    Kemudian, muncullah ide untuk membuat bra yang dapat mendeteksi kanker sejak dini. Tujuannya, agar lebih mudah diatasi.

     

    Bagaimana cara kerja bra hasil rancangan Julian? Dikutip dari viral4real, bra karya Julian memiliki 200 sensor di dalam nya. Sensor itulah yang berfungsi memantau perubahan pada payudara wanita. Sensor iu sendiri telah terhubung dengan aplikasi yang dibisa diunggah pada smartphone

    "Sensor ini memantau dan menganalisa sejumlah besar data untuk mengidentifikasi perubahan pada payudara wanita. Data ini bisa diberikan kepada dokter sehingga bisa melacak kondisi pasien," menurut penjelasan Hefty.co.


    "Prinsip kerja perangkat ini sederhana namun sangat cerdas. Tumor di payudara menyebabkan peningkatan sirkulasi darah melalui jaringan, yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan suhu yang nyata. Bra mencatat suhu, mentransfer data ke aplikasi, dan memberi tahu wanita yang mengenakan bra jika ada perubahan signifikan."

    Data yang terekam akan akurat setelah pemakaian selama 60 sampai 90 minggu. Keuntungan dari metode ini adalah suhu selalu diambil pada lokasi yang persis sama dan menghasilkan hasil yang sangat akurat.

    Lima tahun setelah membuat inovasi hebat itu, Julian telah menciptakan perusahaan sendiri bernama Higia Technologies dan telah melakukan beberapa terobosan teknologi. Meski bra masih dalam tahap prototipe, namun sudah menunjukkan hasil yang baik dan mendekati sempurna.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES