1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TOKOH


  8. Reporter : Yulistyo Pratomo    1 Juni 2017 14:34

    Mengenang perjuangan Yana Zein lawan kanker

    Kabar penyakit yang diderita Yana baru diketahui dari akun Instagram Nafa Urbach pada 27 Desember 2016 lalu.

    Feed.merdeka.com - Berita duka menyambar industri hiburan tanah air. Yana Zein, menderita kanker payudara stadium 4 dan kini telah menghembuskan napasnya yang terakhir. Kabar penyakit yang diderita Yana baru diketahui dari akun Instagram Nafa Urbach pada 27 Desember 2016 lalu.

    Mengejutkan memang. Tapi sedari awal Yana memang tak mau banyak orang mengetahui rasa sakit atau keterbatasan finansial yang dialaminya. "Kita harus menunjukkan kita kuat, demi anak anak, orangtua, kawan kawan," begitu ujarnya setelah penyakitnya ini diketahui oleh khalayak ramai.

    Yana didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2015 karena terdapat benjolan pada organnya tersebut, saat itu dirinya tak sempat berobat karena kesibukannya. Belum lagi sang suami juga mengidap parkinson hingga meninggal terlebih dahulu.

    Alhasil, pemain 'Cinta Di Langit Taj Mahal' ini berusaha melawan kanker sendirian. Puncaknya saat sinetron terakhirnya tersebut hendak tayang, payudara Yana Zein pecah.

    Hasil jerih payahnya sebagai pesinetron pun lambat laun habis untuk biaya pengobatan serta kemoterapi. Wajahnya yang dulu cantik bak wanita Eropa dan rambut hitam panjangnya yang legam lama-lama tandas. Kondisi Yana Zein semakin memprihatinkan.

    Bahkan karena kehabisan uang untuk pengobatan sejak didiagnosis kanker pada tahun 2015 lalu, anak-anak Yana yakni Aurelia dan Alika rela berjualan koran untuk membantu biaya perawatan sang Ibunda. Karena biaya habis untuk pengobatan sang mama, baik Aurelia atau Alika juga sempat home schooling.

    Meski sakit, Yana tetap peduli dengan keadaan di sekitarnya. Termasuk ikut dalam penggalangan bantuan dana buat pengobatan Julia Perez yang juga mengidap kanker.

    Menurut penuturan asisten, Nita, Yana berbohong pada anak-anaknya untuk tampil layaknya orang sehat saat kembali ke Indonesia. "Dia bohong, dia pengin anak-anaknya seneng. Dia bilang pas di bandara 'kamu harus temenin saya dandan secantik mungkin untuk ketemu mereka.'"

    Dan kini, usai keinginannya bertemu kedua buah hati yang sangat ia cintai dan menjadi penyemangatnya melawan kanker terpenuhi, Yana Zein dipanggil oleh Yang Maha Kuasa.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES