1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TRAVEL


  8. Reporter : Denisa    13 Desember 2014 18:05

    Cara Mengenal Medan Lewat Kuliner

    Siapkan perut kosong saat tiba di Medan dan pulang dengan berat badan yang bertambah.

    Feed.merdeka.com - Ibukota Sumatera Utara yaitu Medan bisa jadi menjadi kota paling banyak memiliki aneka hidangan dengan rasa luar biasa. Dari hidangan utama, hingga makanan penutup Medan ciptakan beribu rasa.

    Bagi yang belum mengenal kuliner ternama asal Medan, mungkin anda termasuk golongan anak muda. Pasalnya, beberapa jenis kuliner Medan sudah dikenal dari Sabang samapi Merauke.

    Kuliner ternama milik Medan sejak jaman dahulu diantaranya ialah Bika Ambon dan Sirup Marquisa. Tapi, sebelum kedua makanan itu, tentu ada si buah durian yang menjadi trademark Medan.

    Belum sah rasanya jika berkunjung ke Medan tanpa makan buah manis dan legit satu ini yang tak lain si durian. Harga yang murah di musimnya membuat Medan menjadi kota tempat untuk 'mabuk durian'.

    Bagaimana tidak, jika musimnya sudah datang harga buah berkulit tebal dan berduri ini sangat murah. Jika bukan musimnya bisa dibandrol Rp20.000/buah, maka saat musimnya tiba harga durian Medan bisa dinikmati hanya dengan harga Rp5.000/buah.

    Nah, kalau sudah bosan makan durian saat wisata ke Medan, masih banyak kuliner rumahan yang enak untuk dicicipi. Berikut ini beberapa pilihan kuliner enak asli Medan yang tidak rugi untuk dicoba:

    1. Nasi Gurih
    Kuliner satu ini yang serupa dengan nasi uduk, biasanya dijual pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi bagi masyarakat Medan.

    Nasi gurih biasanya dijual lengkap dengan campurannya yaitu bihun goreng dan tempe 'orek'. Lauk yang biasa disajikan penjual ada telur dadar atau balado. Minimalis, tapi tetap memanjakan lidah anda.

    2. Mie Sop dan Sate Kerang
    Jika Bogor punya Soto Mie, Medan punya Mie Sop yang tak kalah seru rasanya. Tentunya hangat karena aneka bumbu masakan berada dalam kuah Mie Sop.

    Ciri khas Mie Sop juga ada, mie yang biasa digunakan kwetiaw, tapi juga ada mie kuning. Teman mie sop tak lain adalah sate kerang. Penyajiannya pun selalu memakai kerupuk merah jambu sebagai pelengkap makanan, serta pedas. Rasa Mie Sop dengan Soto Mie tentu beda. Penasaran?

    3. Es Campur
    Temukanlah pedagang es saat anda berada di Medan, maka anda pasti akan merasakan segarnya es campur Medan.

    Isi es campur itu sendiri aneka ragam. Dari kolang-kaling, kacang merah, tapai, ketan hitam, cincau, nangka dan roti tawar yang sudah ditiriskan menjadi bagian dari es campur Medan yang lezat itu. Gula yang digunakan penjual es campur di Medan pun mayoritas masih menggunakan gula asli lho!

    4. Es Pukat (Alpukat)
    Masih sekitar minuman dingin asli Medan, cobalah minuman asal buah hijau satu ini yaitu es pukat. Di Medan, cara makan buah alpukat tidak dengan cara di blender dengan mesin. Melainkan hanya dikerok dengan sendok lalu dimasukkan ke gelas dan diaduk menggunakan gula putih yang ditambahkan es serut.

    Bagi orang Medan, minum jus alpukat merupakan suatu hal yang aneh karena rasa buah terjadi perubahan, ditambah pemakaian biang gula. Kalau es pukat, gula yang digunakan asli gula pasir atau susu kental. Nyammmm...!

    5. Mie Aceh
    Mie Aceh 'Medan'. Bingung? Ya, dari jaman dulu sebenarnya Mie Aceh kalau di Medan itu sudah banyak yang menjual. Bahkan menjadi makanan favorit juga lho.

    Mie Aceh Medan itu banyak rasa makanan laut, alias, mie kuning yang dimasak dikombinasi dengan berbagai makanan laut sperti kepiting dan udang.

    Sambil makan Mie Aceh Medan, biasanya di kedai Mie Aceh juga banyak menu makanan yang lain seperti roti cane, roti jala, es serut mentimun, dan lainnya.

    Sekarang si, kedai Mie Aceh sudah meramaikan kuliner Ibu Kota. Tapi, tetap rasa masakan di Medan itu jauh lebih enak!!

    Biasanya kuliner-kuliner istimewa asli Medan berada di 'Kampun Keling'. Tapi, jangan segan untuk jelajah tiap jalan Kota Medan karena di setiap sudut terdapat kedai-kedai menarik untuk disinggahi. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES