1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. U
  6.  » 
  7. UNIK


  8. Reporter : Indra    13 Desember 2014 18:03

    4 Aktivitas Perusak Gigi

    Angkat berat hingga obat-obatan bisa merusak gigi, mengapa?

    Feed - Jengkel jika aktivitas sehari-hari yang sudah tertata baik, diganggu sakit gigi yang tiba-tiba datang. Kebanyakan orang berpikir rasa nyeri atau gangguan kesehatan pada gigi disebabkan oleh makanan, permen, gula, atau soda.

    Tapi sebenarnya kesehatan gigi tidak melulu bicara soal makanan saja. Kegiatan lain seperti olah raga ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada gigi.

    Hal ini diungkapkan pada sebuah penelitian di Jerman bahwa beberapa kegiatan olah raga seperti kardio bisa menyebabkan kerusakan gigi. Bagaimana bisa? Berikut 5 hal yang tanpa disadari bisa merusak kesehatan gigi.

    1. Kardio

    Kardio via thelifetimefitness.com

    Kardio merupakan olah raga sederhana yang sangat mudah untuk dilakukan. Olah raga ini biasanya sering dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan, karena kardio sangat efektif untuk membakar lemak.

    Tapi perlu diketahui, melakukan olah raga ini jika terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan gigi. Hal ini dikemukakan oleh studi yang dilakukan di Jerman, para peneliti melakukan sebuah penelitian pada mulut atlet yang tak melakukan dengan atlit yang lebih banyak melakukan senam atau kardio.

    Hasilnya atlet yang lebih sering melakukan senam memiliki resiko besar mengalami gigi berlubang. Mengapa demikian? Karena olah raga yang dilakukan mengurangi air liur pada mulut, air liur yang berkurang tersebutlah yang bisa menyebabkan keausan dan membusuk. Baca selengkapnya di sini.

    2. Angkat Berat

    Angkat berat via tribunnews.com

    Jangan sepelekan olah raga yang satu ini, olah raga angkat berat tidak hanya berbicara soal perubahan otot saja, melainkan memiliki dampak negatif juga untuk kesehatan gigi.

    Hal ini bisa terjadi karena ketika mengangkat beban kerap kali mengepal rahang mulut. Seluruh tekanan yang yang dihadapi oleh rahang akan mengakibatkan retak dan sakit yang berkepanjangan pada rahang.

    Sebaiknya, sebelum melakukan angkat berat menggunakan mouthguard terlebih dulu agar rahang bisa terjaga dan mencegah hal yang tak diinginkan. Baca selengkapnya di sini.

    3. Obat-obatan

    Obat-obatan via tribunnews.com

    Mungkin banyak orang yang tak mengira kalau sejumlah obat-obatan seperti obat alergi, depresi, kesehatan jantung, dan tekanan darah bisa menyebabkan mulut kering. Tapi fokusnya tidak itu, obat-obatan tersebut juga bisa berdampak kurang baik terhadap gigi.

    Ketika mulut sudah mulai kering, itulah malapetakanya, karena mulut membutuhkan pasokan air liur untuk melindungi terhadap asam yang menyebabkan pembusukan gigi. Baca selengkapnya di sini.

    4. Sikat gigi setelah makan

    Sikat gigi via mashable.com

    Agak aneh ya kalau menyikat gigi malah berakibat kerusakan. Menyikat gigi setelah makan-makanan asam seperti jus, buah, minuman olahraga, wine, dan soda akan melemahkan enamel pada gigi.

    Enamel adalah putih terluar permukaan yang keras. Untuk mencegah kerusakan seperti itu, disarankan setelah makan dinetral lebih dulu menggunakan air putih dan tunggu sekitar 40 menit untuk kalsium dalam air liur melemah, kemudian baru bisa menyikat gigi untuk menjaga kesehatannya. Baca selengkapnya di sini. (Ism)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES