1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    22 Januari 2016 17:45

    Malas Membersihkan Wajah Sebelum Tidur? Ini Dampaknya

    Tidak menghapus makeup sebelum tidur dapat membahayakan kesehatan kulit Anda.

    Feed.merdeka.com - Bukan wanita namanya jika tidak menggunakan kosmetik. Wanita akan merasa kurang menarik jika tidak merias wajah. Makeup juga dipercaya bisa meningkatkan percaya diri. Namun beberapa wanita malas mebersihkan makeup setelah berkegiatan seharian, hingga akhirnya tertidur dengan makeup masih menempel di wajah.

    Mengutip dari boldsky.com, kegiatan tersebut dapat membahayakan kesehatan kulit Anda. Berikut ini beberapa hal yang akan terjadi ketika Anda lupa membersihkannya.

    Image result for sleep makeup

     

    1. Masalah kulit
    Bahan kimia yang ada pada makeup dapat menyumbat pori-pori, yang akan menyebabkan jerawat, komedo, dan komedo putih. Dengan rajin membersihkan kulit sebelum tidur dapat menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tetap halus.

    2. Reaksi kimia
    Makeup mengandung banyak bahan kimia yang beracun, hal itu akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit. Seperti penuaan kulit, pori-pori tersumbat, dan kulit kering.

    Image result for eye irritation makeup

    3. Infeksi mata
    Bahan kimia yang terdapat pada eyeliner dan maskara dapat meyebabkan iritasi pada mata ketika tidur. Hal ini juga dapat menyebabkan bulu mata menjadi rontok.

    4. Penuaan kulit
    Ketika tidur, kulit akan meremajakan dan menyembuhkan dirinya sendiri. Jika ada bahan kimia yang menempel pada kulit akan mengganggu proses tersebut. Ketika zat-zat beracun ini terserap pada kulit malah akan menyebabkan masalah serius.

    5. Iritasi kulit
    Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, Anda harus rajin membersihkan makeup sebelum tidur. Riasan yang tertinggal di wajah akan terakumulasi dan membuat kulit berminyak. Hasilnya pori-pori akan tersumbat dan kulit Anda akan mengalami iritasi.

    Baca juga:

    5 Pelembap untuk 5 Jenis Kulit yang Bisa Anda Racik di Rumah

    Tips Mandi Air Hangat Agar Tidak Merusak Kulit

    Pilih Jenis Kulit Anda dan Cocokkan dengan 5 Jenis Pembersih Ini

    Tips Mengatasi Kulit Tangan Kering dan Pecah-Pecah

    Buang Toner Kimia Anda, Ini Pembersih Alami untuk Kulit Berminyak

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES