1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KECANTIKAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    7 Januari 2016 13:03

    Pilih Jenis Kulit Anda dan Cocokkan dengan 5 Jenis Pembersih Ini

    Kenali dulu jenis kulit Anda barulah setelah itu Anda bisa memakai pecuci wajah yang tepat.

    Feed.merdeka.com - Membersihkan wajah mutlak dilakukan siapa saja, khususnya bagi Anda para wanita. Setelah seharian beraktivitas menggunakan makeup, mencuci wajah merupakan cara agar kulit Anda bebas dari semua kotoran yang menempel. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi hari dan sebelum tidur malam.

    Untuk mencuci wajah, Anda tidak bisa sembarangan menggunakan sabun. Kenali dulu jenis kulit Anda barulah setelah itu Anda bisa memakai pecuci wajah yang tepat untuk perawatan. Mengutip dari tutorial.top10inaction.com, jenis kulit dapat dibedakan menjadi kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif, dan kulit berjerawat.

    Untuk mengetahui jenis kulit Anda, gunakan makeup setelah mencuci muka di pagi hari. Kemudian lihatlah yang terjadi pada kulit Anda. Apakah cepat berminyak, tetap kering, tetap lembap, atau menjadi kemerahan, muncul ruam-ruam yang merupakan jenis kulit sensitif? Setelah mengetahui jenis kulit Anda, bacalah tips di bawah ini ketika hendak membeli pencuci wajah.

    1. Kulit normal
    Sedikit sekali orang yang mempunyai kulit normal maka jika Anda memiliki jenis kulit ini Anda adalah orang yang beruntung. Anda bisa mencari pembersih wajah yang mengandung air mawar, gliserin, dan lidah buaya. Bahan-bahan tersebut akan menjaga kelembutan dan kelembapan kulit serta membuatnya lebih bersinar.

    2. Kulit berminyak
    Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit berminyak menggunakan pencuci wajah yang berbentuk gel. Sebenarnya sebagian besar gel berbusa mengandung sodium lauryl sulfate yang berbahaya bagi wajah dan dapat menyebabkan kanker kulit.

    Carilah pembersih wajah yang mengandung glukosa coco dan surfaktan non-ionik yang biasanya ada pada produk pembersih yang mengandung buah-buahan dan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat mengangkat kelebihan minyak pada kulit tanpa efek samping.

    3. Kulit kering
    Kulit kering sangatlah halus. Jika menggunakan pembersih wajah yang salah dapat membuatnya lebih kering. Jenis kulit ini juga cepat terjadi penuaan kulit, untuk itu gunakanlah pembersih yang mengandung susu, gliserin, air, minyak, dan air mawar. Bahan-bahan tersebut akan membantu mempertahankan kelembapan kulit dan ampuh mengangkat kotoran yang menempel.

    4. Kulit sensitif
    Pada kulit sensitif dapat terjadi pembengkakkan, kemerahan, dan ruam-ruam ketika salah menggunakan pembersih wajah. Hindari produk yang mengandung scrub dan alkohol pembersih karena dapat menyebabkan iritasi. Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung lidah buaya, gliserin, dan bahan-bahan yang alami.

    5. Kulit berjerawat
    Jenis kulit ini merupakan gabungan antara kulit kering dan kulit berminyak. Umumnya pada area T yang meliputi dahi, hidung, dan dagu, akan lebih banyak mengeluarkan minyak. Hindari pembersih wajah yang berbusa, bahan yang cocok yaitu minyak batang teh, lidah buaya,thyme, dan kenari yang baik untuk mengobati jerawat.

    Baca juga:

    Kenali Kepribadian Anda Lewat Bentuk Wajah

    Tebak Kepribadian: Pintu yang Anda Pilih Mencerminkan Karakter Diri

    Mari Baca 10 Garis dan Kerutan di Wajah dengan Cara Berikut

    Wajah Tokoh Pemeran 'Titanic', Bagaimana Rupa Mereka Sekarang?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES