1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FASHION


  8. Reporter : Dwifantya Aquina    27 September 2017 13:46

    Kenapa letak kancing kemeja pria dan wanita berbeda?

    Ternyata tradisi ini telah ada sejak tahun 1850-an.

    Feed.merdeka.com - Anda pasti sudah tahu, kemeja wanita dan pria memiliki arah kancing yang berlawanan. Kancing kemeja wanita berada di sisi kiri sedangkan pria di sisi kanan. Namun pertanyaan adalah, kenapa berbeda?

    Ternyata tradisi ini telah ada sejak tahun 1850-an. Dengan rancangan yang telah lama dan mendarah daging di semua pola kemeja pria dan wanita, banyak yang mengira-kira alasan di balik perbedaan ini.

    Kancing kemeja pria dan wanita berbeda
    © 2017 scienceabc.com

    Tidak ada alasan pasti di balik norma gaya ini. Namun, dilansir laman scienceabc.com, ada beberapa alasan yang masuk akal, salah satunya adalah bahwa tren ini ditetapkan oleh wanita bangsawan pada pertengahan 1800-an yang biasa berpakaian dibantu oleh pelayan mereka. Kancing di sisi kiri membuat para pelayan lebih nyaman membantu majikan mereka berpakaian.

    wanita zaman dulu
    © 2017 pixabay.com/pixabay.com

    Wanita zaman dulu juga kerap mengenakan pakaian yang rumit, mulai dari korset, rok dalam, bloomer, bustles, gaun hingga beragam aksesoris. Hal itu membuat wanita lebih membutuhkan bantuan saat berpakaian. Dengan pemikiran ini, penjahit merancang pakaian yang lebih mudah untuk orang lain, yaitu pelayan yang membantu majikan wanitanya berpakaian.

    Di sisi lain, pakaian pria tidak memiliki banyak komponen dan rumit seperti busana wanita. Sehingga pria bisa mengatur dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain dan kancing berada di sebelah kanan. Desain pakaian ini jadi semakin populer seiring berjalannya waktu, dan akhirnya menjadi standar yang masih terus berlanjut hingga saat ini.

    Alasan lainnya mengapa kancing pakaian wanita ada di sebelah kiri adalah karena untuk memudahkan wanita menyusui. Karena kebanyakan orang menggunakan tangan kanan, termasuk wanita, sehingga biasanya wanita menggendong bayinya dengan lengan kiri. Kancing kemeja wanita di sebelah kiri membuat para ibu lebih mudah membukanya untuk menyusui bayi mereka.

    [crosslink_1]

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES