1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     13 Desember 2017 14:00

    Jangan lewatkan hujan meteor Geminid di langit Indonesia!

    Puncak hujan meteor ini terjadi pada 14 Desember 2017.

    Feed.merdeka.com - Langit malam wilayah Indonesia akan cerah dengan atraksi hujan meteor Geminid. Hujan meteor ini memang bisa diamati setiap tahun dari Bumi.

    Setiap tahun, hujan meteori Geminid berlangsung dari tanggal 4-17 Desember. Dikutip dari International Meteor Organization, puncak hujan meteor Geminid tahun ini terjadi tanggal 14 Desember pukul 06.30 UT atau 13.30 WIB.

    Namun ada syarat jika Anda ingin menyaksikan hujan meteor di penghujung tahun ini dengan jelas. Dikutip dari laman New York Post, 11 Desember 2017, Anda harus berada jauh dari polusi cahaya kota. Untuk memaksimalkan pandangan, carilah tempat gelap dan padang luas sehingga tidak ada yang menghalangi pemandangan Anda ke langit.

    Selain itu, melihat hujan meteor lebih mudah jika kita memakai mata telanjang saja. Teleskop dan teropong malah akan membatasi ruang pandang.

    Hujan meteor Geminid diyakini bukan berasa dari komet, melainkan dari asteroid yang mirip bebatuan luar angkasa. Hujan meteor Geminid diperkirakan berasal dari objek bernama 3200 Phaethon.

    Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan hujan meteor dengan kecepatan 120-160 meteor per jam. Langit malam akan benderang dan sangat indah.

    Dilaporkan Time and Date, seperti dikutip dari laman Dream.co.id, Asteroid 3200 Phaethon merupakan asteroid ketiga terbesar yang ditemukan Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat, NASA. Asteroid itu diperkirakan memiliki lebar 5 kilometer.

    Mengutip laman langitselatan.com, sebelum tahun 2017 berakhir, ada dua hujan meteor yang masih akan menyapa pengamat langit malam di Bumi. Hujan meteor tahunan Geminid dan Ursid. Akan tetapi untuk hujan meteor Ursid akan sulit diamati dari Indonesia.

    Rasi Ursa Minor yang jadi radian atau arah datang meteor baru terbit hampir bersamaan dnegan terbitnya Matahari pagi. Untuk Geminid, seluruh masyarakat Indonesia bisa mengamati hujan meteor yang satu ini.

    FOTO: Ilustrasi menungu hujan meteor

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES