1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. L
  6.  » 
  7. LIFESTYLE


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    30 Desember 2015 12:00

    Inilah Alasan Mengapa Belanja Online Itu Menggiurkan

    Belanja online itu mudah, cepat, dan kini terpercaya.

    Feed.merdeka.com - Berkembangnya dunia teknologi berdampak pada mudahnya melakukan sesuatu oleh masyarakat, misalnya dalam hal bertransaksi seperti berbelanja. Jika biasanya masyarakat harus pergi ke toko untuk membeli sesuatu, saat ini hal itu mulai ditinggalkan dan beralih pada jasa online.

    Selain lebih cepat dan mudah, masyarakat diuntungkan dengan promosi-promosi yang menarik. Meskipun awalnya masyarakat melakukan transaksi secara online berupa produk fashion dan gadget, belakangan ini banyak produk maupun jasa banyak pembelian tiket dan pemesanan hotel.

    Banyaknya mal online atau sering disebut e-commerce yang sudah terpercaya, membuat masyarakat tertarik dan mau mencoba untuk melakukan transaksi secara online. Apalagi saat musim liburan, beberapa e-commerce menawarkan promosi tiket pesawat, tiket kereta, atau sewa hotel dengan harga yang lebih murah dan cepat dibandingkan pergi langsung ke travel agent.

    Menurut Budi Gandasoebrata, Wakil Ketua Umum idEA, perilaku masyarakat sudah berkembang. "Perilaku orang mulai percaya untuk bertransaksi secara online, karena sudah nyaman, sudah percaya, dan sudah mengetahui e-commerce mana yang terpercaya," paparnya saar ditemui di acara 'Media Gathering Tiket.com Outook E-commerce 2015' di Demang Restaurant, Jakarta Pusat.

    Serupa dengan pendapat tersebut, Cheif Communication Officer & Co-Founder Tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan mengenai perilaku masyarakat yang melakukan transaksi online di tahun 2015. "60 persen orang yang malakukan transaksi merupakan customer baru. Sisanya sebesar 40 persen adalah orang yang pernah melakukan transaksi online," katanya saat ditemui di tempat yang sama.

    Ia juga menambahkan, dalam satu tahun rata-rata pelanggan bisa melakukan dua hingga tiga kali transaksi. Baik itu pembelian tiket pesawat, tiket kereta, atau pemesanan hotel. Pada musim liburan ini pihaknya mengaku menglami peningkatan transaksi sebesar 30 sampai 50 persen.

    Rama Mamuaya, selaku pengamat e-commerce menyebutkan bahwa antusiasme pecinta travel sekarang sangat tinggi. Jika dulu untuk berlibur mengharuskan pergi ke tempat travel agent, saat ini hanya tinggal memesan melalui telepon genggam.

    "Kalau dulu harus ke agen, sekarang sudah mudah dilakukan, yaitu secara online," ujarnya. Meningkatnya penggunaan jasa online ini juga karena lima sampai sepuluh tahun lalu, travel identik dengan orang yang mempunyai kelebihan uang. Tetapi saat ini kawula muda yang berusia antara 20 - 30 tahun yang sering melakukan pelancongan. Selain itu transaksi secara online juga menghindari maraknya calo tiket yang merugikan.

    Baca juga:

    Foto Jenaka: Beginilah Nasib Pria Kala Menemani Wanita Belanja

    Tips Luna Maya Agar Tidak Tertipu Belanja di Online Shop

    Berbagai Tipe Tukang Belanja, Tipe Manakah Anda?

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES