1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Anisha    18 Januari 2016 16:10

    Ingin Hamil? Kurangi Asupan Kentang

    Kentang dapat memicu penyakit diabetes yang berbahaya bagi ibu dan si jabang bayi.

    Feed.merdeka.com - Kentang memang makanan favorit setiap kalangan. Ia dikonsumsi secara besar-besaran di seluruh dunia karena mengandung nutrisi penting, termasuk vitamin C dan kalium. Tapi dibandingkan dengan sayuran dan karbohidrat lainnya, kentang juga mengandung pati tambahan yang dapat lebih cepat meningkatan kadar gula darah.

    Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa konsumsi kentang dapat berisiko bagi ibu hamil. Isi penelitian menyebut bahwa mengonsumsi kentang saat hamil berakibat terserang penyakit gestational diabetes yang dapat memiliki konsekuensi kesehatan jangka panjang bagi ibu dan anak, termasuk penyakit jantung.

    Untuk meneliti konsumsi kentang dengan diabetes, Zhang Cuilin dari National Institutes of Health di Rockville, Maryland, AS,menggunakan data dari Nurses Health Study II, yang telah memantau lebih dari 115.000 wanita sejak 1989.

    Sejumlah 15.632 wanita yang tidak memiliki riwayat diabetes gestasional atau penyakit kronis, hamil antara tahun 1991 dan 2001. Dari 21.693 kehamilan, 854 wanita atau sekira empat persennya mengembangkan diabetes gestational, tulis penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal.

    Para wanita diminta untuk melaporkan konsumsi kentang mereka selama tahun sebelumnya sampai saat mereka hamil. Peringkat mulai dari "tidak pernah” atau “kurang dari sekali dalam sebulan" sampai "enam porsi per hari".

    Data ini cocok dengan catatan medis yang menunjukkan apakah mereka pernah mengalami diabetes gestational. Setelah mengambil faktor-faktor lain seperti usia dan sejarah diabetes di keluarga, studi ini menemukan hubungan yang kuat dengan konsumsi kentang, terutama yang digoreng dan dipanggang.

    "Konsumsi kentang yang tinggi secara signifikan dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes gestational," para peneliti menyimpulkan. Makan sayur dan kacang-kacanganpun direkomendasikan peneliti. Juga dengan mengganti dua porsi kentang seminggu dengan sayuran lain atau makanan gandum agar menurunkan sepuluh persen risiko diabetes.

    Baca juga:

    Segudang Kebaikan Srikaya untuk IBu Hamil

    Gejala Kehamilan Kedua, Apakah Anda Mengalaminya?

    Inilah Ciri Anda Hamil Anak Kembar

    Rangkaian Selebriti Indonesia Ini Punya Anak Tanpa Hamil

    7 Hal yang Terjadi Ketika Anda Hamil

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES