1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. F
  6.  » 
  7. FAMILY


  8. Reporter : Anisha    28 Desember 2015 12:00

    Inilah Ciri Anda Hamil Anak Kembar

    Ada ciri yang berbeda pada wanita yang hamil anak kembar.

    Feed- Hamil merupakan kabar gembira bagi setiap wanita yang sudah menikah. Pastinya Anda akan memulai kehidupan yang baru. Apalagi jika Anda mengetahui bahwa anak yang akan lahir adalah kembar, mungkin berita ini sangat mengagetkan. Sebab, kehamilan kembar masih relatif jarang.

    Apakah ada faktor-faktor yang dapat memengaruhi seorang wanita mengandung anak kembar? Jawabnya, ada! Untuk itu, kita akan mengulas tentang tanda dan gejala kehamilan kembar tanpa menggunakan bantuan ultrasonografi medis (USG) seperti yang dilansir momjunction.

    via: pinterest.com

    Gejala awal:

    1. Test kehamilan sangat positif
    Kedengarannya agak membingungkan, bukan? Nah, bagi kebanyakan wanita, tes kehamilan pada testpack sering menghasilkan garis samar. Tetapi jika Anda mengandung anak kembar, ada kemungkinan bahwa garis uji akan terlihat lebih gelap.

    Kenapa seperti itu? Tes kehamilan macam testpack mendeteksi keberadaan hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) dalam tubuh untuk mengonfirmasi kehamilan. Ketika Anda hamil kembar, tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak hCG yang menyebabkan garis gelap!

    2. Tes darah
    Tubuh manusia berbeda-beda, sehingga ada kemungkinan bahwa tes kehamilan di rumah Anda gagal untuk mendeteksi hCG. Tapi tes darah dapat mendeteksinya. Jika Anda hamil anak kembar, jumlah hCG darah Anda mungkin akan 30 - 50 persen lebih tinggi daripada hamil dengan satu anak.

    via: healthline.com

    3. Mual pagi hari berlebihan
    Banyak wanita menderita mual pagi hari selama kehamilan mereka. Namun, tidak seperti namanya, morning sickness dapat menyerang setiap saat sepanjang hari. Mual pagi hari adalah akibat langsung dari kehadiran hCG dalam tubuh. Wajar jika kemudian wanita yang hamil anak kembar cenderung mengalami mual yang lebih hebat dibanding wanita yang mengandung anak tunggal.

    Mereka akan lebih tidak toleran terhadap aroma makanan tertentu, bau, bahkan bentuknya pun bisa memicu mual. Untungnya, mereka yang hamil anak kembar dapat mengurangi ketidaknyamanan melalui beberapa langkah sederhana. Mulai dari menghindari makanan yang membuat Anda muntah, menghirup ginger ale, minum air putih lebih banyak, dan pengobatan medis dengan terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter.


    4. Firasat
    Sebagai seorang ibu, Anda harus mulai mempercayai insting keibuan Anda. Seorang wanita biasanya akan memiliki perasaan yang kuat bahwa dirinya sedang hamil anak kembar. Ini mungkin akan terbantu dengan sinyal tertentu yang dikirimkan oleh tubuh.

    via: momjunction.com


    Gejala utama:

    1. Berat badan
    Kenaikan berat badan adalah fakta awal kehamilan. Tapi ketika Anda hamil anak kembar, berat badan lebih dari rata-rata biasanya. Tapi tidak ada angka standar untuk kenaikan berat Anda saat hamil. Itu semua tergantung pada berat badan sebelum kehamilan Anda.

    2. Gerakan awal janin
    Salah satu momen yang paling ajaib selama kehamilan adalah untuk merasakan bayi Anda bergerak. Ketika Anda sedang hamil anak kembar, gerakan awal janin bisa datang lebih cepat.

    Banyak wanita yang hamil kembar menyatakan bahwa bisa merasakan bayi mereka bergerak lebih cepat dibanding wanita hamil dengan bayi tunggal. Tetapi tidak ada dasar ilmiah untuk gejala ini. Ada beberapa faktor lain yang dapat membantu Anda mengalami bayi Anda bergerak cepat. Sebagai contoh, seorang wanita kurus lebih mungkin untuk mengalami gerakan janin lebih awal.

    3.Gerakan janin lebih sering
    Hal lain dapat dialami calon ibu dari anak kembar adalah sering terjadi gerakan janin.

    via: thegulfindian.com

    4. Sesak napas
    Hamil anak kembar akan mendorong diafragma yang akan membuat Anda terengah-engah. Sesak napas adalah gejala umum pada kehamilan tunggal, tapi kehamilan anak kembar akan menimbulkan sesak nafas yang berlebihan. Tapi jika Anda merasa terengah-engah sepanjang waktu, dan merasa tidak nyaman, langsung hubungi dokter Anda!

    5. Percernaan bermasalah
    Sembelit, kembung, gangguan pencernaan dan mulas semua gejala kehamilan umum kehamilan anak kembar kembar. Ketika di tubuh Anda tumbuh dua kehidupan, sistem pencernaan Anda akan sulit ditekan. Itulah mengapa masalah pencernaan yang lebih intens selama trimester ketiga. Beberapa cara untuk sistem pencernaan lebih bahagia meliputi:

    - Pilihlah makanan yang lebih kecil secara berkala.
    - Hindari makanan berminyak dan terlalu pedas.
    - Minum banyak air untuk menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat.

    6. Sakit punggung
    Nyeri punggung cukup umum dialami selama kehamilan. Tapi dengan anak kembar, semuanya cenderung terasa leih. Ketika anak kembar tumbuh, Anda akan memiliki kelebihan berat badan, hormon Anda berantakan, dan pusat tubuh Anda ada bergeser. Semua perubahan ini dapat berisko pada punggung Anda, berikut beberapa hal yang dapat membantu adalah:

    - Berdiri tegak.
    - Busungkan tinggi dada Anda.
    - Jaga bahu Anda kembali dan santai.
    - Jangan mengunci lutut.
    - Pilihlah sepatu bertumit rendah.
    - Mencoba sabuk bersalin.

    via: babycentre.co.uk

    7. Insomnia
    Kurang tidur merupakan masalah besar bagi calon ibu. Beberapa cara untuk menemukan tidur malam yang baik meliputi:

    - Anda dapat memilih untuk tidur telentang, tetapi ketika Anda sedang hamil, tidur di sisi kiri Anda adalah satu-satunya cara yang aman. 

    - Gunakan bantal untuk mengangkat tubuh bagian atas Anda.
    - Letakkan bantal di antara kaki Anda atau di bawah perut Anda untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. 

    - Tidur siang untuk mencukupi kekurangan tidur Anda.

    Baca Juga:

     Tips Memilih Bra Selama Kehamilan

    5 Mitos Kehamilan di Atas Usia 35 Tahun

    Cara Lucu Deteksi Kehamilan Tanpa USG

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES