1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    15 Juli 2016 16:05

    Wow, Pria Ini Hidup Tanpa Jantung Selama 555 Hari

    Manusia normal akan mati bila sedetik saja jantung berhenti, tapi pria ini kok malah....

    Feed.merdeka.com - Seorang pria asal Michigan, Amerika Serikat, berhasil hidup tanpa jantung alami selama 555 hari. Stan Larkin, nama pria itu, hidup hanya dengan menggunakan jantung buatan yang disimpan di dalam tas ranselnya.

    Kondisi Larkin diketahui setelah dia pingsan secara tiba-tiba ketika bermain basket. Setelah melalui proses pemeriksaan, diketahui bahwa Larkin mengalami kondisi langka yang disebut familial cardiomyopathy.

    Kondisi ini membuat jantungnya tidak bisa memompa darah secara normal ke seluruh tubuh. Sialnya bagi Larkin, sang adik kandungnya pun, Dominique, juga memiliki kondisi yang sama.

    Untuk bisa memperbaiki jantungnya, kedua kakak-beradik ini harus menunggu donor jantung. Mengutip dari Likes.com, masalah mulai muncul karena donor jantung membutuhkan waktu tahunan mengingat ada 4.000 orang yang juga memiliki masalah jantung.

    Keduanya kemudian mendapat jantung buatan. Namun, jika Dominique memilih menggunakan jantung itu dan bertahan di rumah sakit selama enam pekan, tidak demikian dengan Stan.

    Ia lebih suka menggunakannya dalam kondisi normal. Dalam artian, jantung tersebut ia bawa kemana-mana menggunakan tas ransel. Kondisi ini membuatnya hidup selama 555 hari tanpa jantung alami.

     

    Selama 18 bulan ia menggunakan mesin yang disebut Syncardia yang terpasang melalui dua tabung yang keluar di bawah tulang rusak Stan. Dengan begitu, ia pun bertahan hidup sembari menunggu donor jantung yang tepat.

    Baca juga:

    Foto Ini Tak Sengaja Tangkap Momen Arwah Tinggalkan Tubuh Manusia

    6 Gejala Serangan Jantung Sebulan Sebelum Terjadi

    Makan Lalu Tidur Bisa Picu Penyakit Jantung Koroner

    Hati-hati, Flu Bisa Jadi Tanda Serangan Jantung Kardiovaskular

    Waspada, Sakit Gigi Bisa Sebabkan Gagal Jantung dan Ginjal

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES