1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     4 Desember 2017 13:03

    Hati-hati, ini bahaya yang muncul jika sering menahan pipis

    Ubah kebiasaan buruk itu.

    Feed.merdeka.com - Menahan buang air kecil mungkin pernah dilakukan oleh setiap orang. Dalam kondisi tertentu memang memungkinkan orang untuk menunda ke toilet. Namun, bila hal itu sering dilakukan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dikututip dari stylecraze.com, ini beberapa akibat yang ditimbulkan jika sering menahan buang air kecil.

    Batu ginjal

    Menahan air kecil akan menyebabkan mineral dan racun mengendap lalu mengkristal yang akhirnya membentuk batu, hal ini yang disebut batu ginjal.

    Jika ukuran batunya kecil maka tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun bila ukuran batunya membesar, maka akan menghalangi aliran air kecil dan menimbulkan rasa sakit.

    Lemahkan otot kandung kemih

    Menahan buang air kecil dapat melemahkan otot-otot pada kandung kemih. Akibatnya akan terjadi retensi urine, sehingga sistem kandungan kemih tidak dapat benar-benar kosong. Orang Indonesia biasa menyebutnya ‘anyang-anyangan’. Hal itu dapat menyebabkan Interstitial Cystitis, di mana dinding kandung kemih meradang.

    Infeksi saluran kemih

    Infeksi saluran kemih atau ISK adalah efek samping yang umum disebabkan sering menahan buang air kecil. Ketika urine tetap berada di kandung kemih untuk jangka waktu yang panjang, bakteri dalam jumlah besar akan terbentuk di kandung kemih yang bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih, kandung kemih, dan ginjal.

    Normalnya manusia buang air kecil dalam sehari adalah delapan hingga sepuluh kali. Hal ini tentunya berbeda-beda tergantung jumlah air yang masuk ke dalam tubuh. Namun apapun alasannya menahan buang air kecil adalah hal buruk dan dapat mengganggu kesehatan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES