1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN RAMBUT


  8. Reporter :     4 Desember 2017 08:02

    Bahan-bahan alami ini ampuh bersihkan rambut tanpa harus keramas

    Tanpa keramas, kebersihan rambut Anda bisa tetap terjaga.

    Feed.merdeka.com - Keramas menjadi salah satu rutinitas yang wajib untuk menjaga rambut tetap sehat. Meski demikian, keramas tetap harus dilakukan dengan wajar. Terlalu sering keramas justru memperburuk keadaan rambut.

    Beberapa ahli mengatakan seringnya penggunaan sampo akan membuat rambut menjadi rusak dan mudah rontok. Idealnya keramas dilakukan minimal dua hari sekali. Namun, tidak perlu khawatir, tanpa keramas, kebersihan rambut Anda bisa tetap terjaga.

    Ada solusi sederhana untuk membersihkan rambut secara alami tanpa menggunakan sampo. Berikut bahan alami yang bisa dipakai untuk merawat rambut tetap indah dan sehat tanpa harus keramas.

    Baking soda

    Taburkan satu sendok makan baking soda pada rambut yang telah dibasahi, lalu lakukan pemijatan selama 15 menit dan bilas.

    Tambahkan sedikit cuka apel untuk menyeimbangkan alkalinitas dari baking soda, hal tersebut dapat membuat kulit kepala menjadi sehat.

    Daun mint

    Rendam daun mint selama 10 menit dalam air panas, saring airnya dan biarkan daun-daun menjadi layu. Pertama, bilas rambut dengan air lalu taruh daun mint tadi ke kepala dan pijat-pijat. Ramuan tersebut dapat membantu menghilangkan residu dan kotoran di kulit kepala.

    Rosemary

    Daun ini memiliki harum yang khas dan biasanya digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Ternyata rosemary juga dapat membersihkan dan membuat rambut wangi. Caranya, rendam beberapa helai rosemary dalam air hangat yang akan digunakan sebagai air bilasan rambut selama delapan menit. Lalu bilaslah rambut dengan air tersebut.

    Air cuka

    Cuka dapat membantu mengatasi beberapa masalah seperti rambut berminyak, ketombe dan kutuan. Teteskan cuka hitam alami ke kepala lalu didiamkan selama tujuh menit, pijat kepala kemudian bilas dengan air bersih. Jika ingin rambut Anda berkilau gunakan cuka apel.

    Minyak lemon

    Jika Anda merasa rambut sering bau dan kulit kepala mudah berkeringat, gunakan ramuan minyak lemon sebagai solusinya. Siapkan dua butir telur ambil bagian kuningnya saja, tambahkan empat tetes minyak lemon lalu aduk rata.

    Aplikasikan ramuan tersebut ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Setelah 10 menit bilas kepala dengan air hangat. Dalam waktu seminggu rambut Anda akan berkilau alami.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES