1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KISAH INSPIRATIF


  8. Reporter :     1 Maret 2018 08:00

    Guru di Ghana jadi viral, beri pelajaran komputer pakai papan tulis

    Semangat dan tekad sang guru membuat masyarakat dunia terharu.

    Feed.merdeka.com - Di banyak belahan dunia, banyak sekolah yang lebih tidak beruntung dari negara-negara maju. Sementara sekolah-sekolah di sejumlah negara dunia pertama memiliki perpustakaan besar untuk menampung siswa, beberapa negara hampir tidak memiliki buku untuk mengajar anak-anak.

    Untungnya, ada guru yang rela melakukan segala cara untuk memberi siswa mereka pendidikan yang layak. Seorang guru dari Ghana mendapat banyak pujian setelah foto dirinya yang sedang mengajari murid-muridnya Microsoft Word menjadi viral.

    Owura Kwadwo, pria asal Kumasi, Ghana, mengajar ICT (Information and Communications Technology) kepada siswa di sebuah sekolah di Ghana yang tidak memiliki komputer. Meski tak tersedia fasilitas komputer di sekolah tempatnya bekerja, ia tak pantang menyerah untuk mencerdaskan murid-muridnya.

    Setelah mempelajari seni rupa, Owura menerapkan keterampilannya saat mengajar pembuatan dokumen Word, dengan menggambar layar komputer lengkap di papan tulis dengan menggunakan kapur warna-warni agar murid-muridnya dapat menyalin dan mempelajarinya.

    "Saya melakukannya untuk membuat murid-murid saya mengerti apa yang saya ajarkan," katanya seperti dikutip dari Viral4real.com.

    "Setidaknya untuk memberi gambaran tentang apa yang akan mereka lihat dengan asumsi mereka saat berada di belakang komputer."

    Metode ini tampaknya berjalan dengan baik, karena para siswa sangat menikmati kelasnya dan bisa belajar secara efektif. "Saya memastikan mereka mengerti semuanya dengan baik sebelum mereka meninggalkan kelas."

    Kerja keras guru itu dikagumi oleh banyak netizen di seluruh dunia. Pengguna media sosial memuji Owura atas tekadnya mengajarkan murid-muridnya. Teknologi berkembang dengan cepat, dan usaha dan komitmen Owura adalah contoh yang baik bagi para guru di negara-negara berkembang seperti Ghana, terkadang sedikit improvisasi diperlukan untuk mengisi kesenjangan yang tidak dapat diberikan oleh pemerintah.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES