1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. I
  6.  » 
  7. INSPIRATIF


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    10 Februari 2016 17:32

    7 Cara Alami Mencuci Rambut Tanpa Sampo

    Penggunaan sampo yang salah membuat rambut berketombe dan rontok.

    Feed.merdeka.com - Apakah Anda memiliki masalah rambut rontok atau berketombe? Mungkin sudah saatnya Anda mengganti sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan. 

    Menurut pakar kecantikan, 90 persen pria dan wanita yang mengalami rambut rontok dan ketombe disebabkan oleh penggunaan sampo yang salah. Melansir dari boldsky.com, berikut ini bahan alami yang bisa menjadi alternatif pengganti sampo.

    1. Peppermint


    Rebus secangkir air menggunakan api sedang, kemudian tambahkan segenggam daun peppermint. Biarkan selama sepuluh menit, kemudian saring airnya dan simpan daunnya. Cucilah rambut menggunakan air tersebut.

    Gunakan daun pappermint yang sudah direbus tadi untuk digosokkan pada kulit kepala dan rambut. Daun itu akan mengangkat kotoran di kulit kepala dan membersihkan rambut seperti menggunakan sampo.

    2. Soda


    Cuci rambut Anda menggunakan soda seminggu sekali. Hal ini akan membuat ketombe hilang dari kulit kepala. Caranya bilaskan soda pada kulit kepala dan rambut, biarkan mengering selama enam menit. Anda harus membilasnya dengan air yang mengalir.

    3. Rosemary


    Rosemary merupakan bahan yang tepat digunakan untuk rambut. Aromanya yang segar akan membuat rambut Anda segar dan harum. Tumbuk daun rosemary dan tambahkan pada air untuk mencuci rambut. Rendam rambut di dalam ramuan tersebut selama delapan menit, kemudian bilas dengan air.

    4. Cuka


    Cuka dapat mengobati masalah pada rambut seperti kulit berminyak, ketombe, bahkan kutu. Anda hanya perlu memijat kulit kepala dengan beberapa tetes cuka hitam murni yang segar. 

    Setelah dipijat selama tujuh menit, bilas rambut menggunakan air dingin. untuk rambut yang sehat dan berkilau, Anda bisa mencuci rambut menggunakan cuka sari apel.

    5. Yoghurt dan baking soda


    Siapkan sebuah mangkuk, kemudian tambahkan tiga sendok makan youghurt segar yang dingin. Tambahkan satu sendok baking soda dan aduk hingga merata. 

    Maskerkan bahan tersebut pada kulit kepala hingga menutupi seluruh bagian rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut menggunakan air yang mengalir.

    6. Minyak lemon dan kuning telur


    Minyak lemon akan membantu menyingkirkan keringat dan bau tidak sedap di kulit kepala. Campurkan hingga merata empat tetes minyak lemon dan dua butir kuning telur. Setelah itu aplikasikan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala sambil digosok-gosok. Setelah sepuluh menit, Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

    7. Krim susu


    Sekali dalam seminggu Anda bisa memanjakan rambut dengan masker krim susu pada rambut. Bahan ini sangat baik untuk membuat rambut kering menjadi lembut. Gunakan krim ini pada kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat selama 15 menit, kemudian bilas dengan air.

    Baca juga:

    Tips Mengeringkan Rambut Tanpa Mesin Pengering

    Ingin Rambut Berkilau? Pisang Solusinya

    Trik Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

    Ramuan Ampuh Penghilang Rambut Rontok dalam Tempo 2 Menit

    7 Spa Rambut Ala Salon di Rumah, Ah Nikmatnya!

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES