1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    10 Februari 2016 16:17

    6 Gejala Aneh Anda Kekurangan Zat Besi

    Enam gejala berikut mungkin berada di luar manusia.

    Feed.merdeka.com - Ketika Anda selalu merasa cepat lelah dan tidak bersemangat setiap hari, bisa saja Anda kekurangan asupan zat besi. Kekurangan zat ini biasanya lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria.

    Kekurangan zat besi juga akan mengakibatkan anemia yang berarti tubuh kekurangan sel darah merah yang menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Gejalanya bermacam, namun enam gejala berikut mungkin berada di luar manusia. Melansir dari prevention.com, berikut ini adalah enam gejala aneh yang menandakan tubuh Anda kekurangan zat besi.

    kotoran dan zat besi defisiensi

    1. Ingin memakan benda kotor
    Ketika Anda kekurangan zat besi, Anda cenderung ingin memakan benda yang kotor seperti tanah, lumpur, tepung tapioka, serpihan cat, kardus, dan suplai cairan pembersih. Kondisi tersebut dinamakan pica dan orang yang kecanduan ini tidak akan mengakui kebiasaan tersebut. Para peneliti masih belum yakin gejala di atas berhubungan dengan kekurangan zat besi pada tubuh.

    2. Kuku sendok
    Kuku jari Anda akan berbentuk melengkung seperti sendok, juga lemah dan rapuh. Hal ini disebut juga koilorikia yang dapat menandakan masalah kekurangan zat besi . Kuku sendok juga bisa diakibatkan oleh luka berat atau terkena bahan kimia.

    bibir pecah-pecah dan kekurangan zat besi

    3. Bibir pecah-pecah
    Ketika Anda kekurangan zat besi, luka akan terjadi di sudut bibir atau biasa disebut cheilitis angular. Kondisi ini akan terasa menyakitkan ketika makan, tersenyum, bahkan saat berbicara.

    4. Lidah bengkak
    Gejala lain yang muncul ketika tubuh kekurangan zat besi yaitu glositis atrofik atau pembengkakkan pada lidah dan terasa sakit. Orang dengan glositis akan mengalami pembengkakkan pada lidah hingga menyerupai benjolan dan lidah akan terlihat pucat.

    es ngidam dan kekurangan zat besi

    5. Kecanduan memakan es
    Keinginan berlebih mengonsumsi es adalah gejala lanjutan dari pica yang disebut pagophagia. Gejala ini merupakan tanda umum Anda kekurangan zat besi parah. Para dokter beranggapan orang yang kekurangan zat besi mengonsumsi es untuk meredakan pembengkakkan pada lidah dan menghilangkan lesu dan lemah.

    6. Kaki kesemutan
    Ketika kaki Anda merasa kesemutan setiap saat, itu merupakan tanda kekurangan zat besi. Kaki Anda akan terasa kesemutan seperti terbakar, terentak, gatal, atau seperti ada serangga yang berkeliaran di dalam kaki.

    Baca juga:

    Mari Jajal Ayam Goreng Korea Anti-Gemuk

    4 Trik Sederhana Agar Parfum Tahan Lebih Lama

    10 Jajanan Tahun 90-an, Bikin Kangen!

    Ternyata 5 Makanan Inilah Biang Kerok Perut Kembung

    Hanya Wanita Bertubuh Pendek yang Paham 4 Kenikmatan Berikut

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES