1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. C
  6.  » 
  7. CHINA


  8. Reporter :     7 Oktober 2017 06:01

    Buset, harga mangkuk ini Rp505 miliar!

    Mangkuk biru kehijauan itu merupakan barang seni yang sangat penting dan sangat jarang ada.

    Feed.merdeka.com - Sebuah mangkuk berhasil dijual dengan harga $38 juta atau sekitar Rp505,4 miliar dalam sebuah lelang di Sotheby's, Hong Kong. Mangkuk ini merupakan barang antik berusia 900 tahun.

    Mangkuk antik China itu diperkirakan berasal dari Song dynasty. Sempat terjadi 'perang' lelang selama 20 menit sebelumnya akhirnya dimenangkan oleh seorang pembeli anonymous.

    Si pemenang lelang itu berani membayar 294 juta dolar Hong Kong atau US$38 juta, demikian dikutip dari laman CNN.com. Harga ini jauh di atas perkiraan rumah lelang Sotheby's yang memasang harga setidaknya 100 juta dolar Hong Kong.

    Sotheby's memberi penjelasan pada mangkuk biru kehijauan itu dengan,"barang seni yang sangat penting dan sangat jarang." Lelang ini sendiri berlangsung pada 3 Oktober 2017.

    Mangkuk itu merupakan tempat untuk mencuci kuas yang digunakan di zaman China kuno untuk membersihkan kaligrafi dan kuas lukis. Mangkuk ini berasal dari tanur yang pernah kesohor di eranya, di Ruzhou. Tempat ini kini kira-kira berada di Henan, China. Diperkirakan, mangkuk ini berasal dari akhir Song dynasty (960-1127).

    Adapun gaya mangkuk ini dikenal dengan nama Ru guanyao atau Ru "ice crackle". Sejak 1940, hanya enam  keramik bergaya Ru yang masuk rumah lelang.

    Terakhir kali, mangkuk Ru "ice crackle" terjual di Sotheby's dengan harga 208 juta dolar Hong Kong ($27 juta) tahun 2012.(ita)

    Foto: AFP

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES