1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PIALA DUNIA 2018


  8. Reporter :     11 Oktober 2017 14:15

    Berpenduduk seperenam dari Bandung, negara ini ukir sejarah di Piala Dunia

    Penduduk Islandia tak sampai 1 juta orang.

    Feed.merdeka.com - Islandia telah membuat sejarah dalam persepakbolaan internasional. Untuk pertama kalinya, mereka lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia setelah finish di posisi puncak Grup G.

    Kepastian itu didapat setelah Timnas Islandia berhasil mencukur Kosovo dengan skor 2 - 0. Gol tersebut masing-masing dicetak Gylfi Sigurdsson dan Johann Gudmunsson.

    Selain pertama kalinya, Timnas Islandia juga mencatatkan rekor sebagai negara terkecil dan berpenduduk paling sedikit yang akan memperebutkan piala bergengsi itu di Rusia. Berdasarkan laman Bleacherreport.com, jumlah penduduk Islandia hanya 334 ribu orang. Jumlah itu hanya seperenam dari jumlah penduduk Bandung.

    Seorang pengamat sepak bola internasional, Nick Harris, pun ikut bersuara akan hal ini. Dalam Twitter ia bercuit:" Populasi di Islandia sebanyak 334 ribu. Mereka menjadi negara terkecil yang pernah lolos ke Piala Dunia - dan satu-satunya yang memiliki kurang dari 1 juta orang."


    Selanjutnya, ia juga mengungkapkan, sekitar 0,1 persen dari seluruh pria Islandia berusia 22 sampai 34 akan pergi ke Piala Dunia di Rusia pada musim panas mendatang. Mereka semua adalah bagian dari skuad.

    Atas keberhasilan itu, para pemain dan pendukungnya melakukan tradisi yang selalu dilakukan, yaitu "tepukan Viking". Berikut video perayaan sekaligus "tepukan Viking" sebagai perayaan.


    Dalam video yang berdurasi 9 menit 30 detik itu, viking clap dilakukan pada menit ke 3 menit 38 detik. Merinding ya mendengarnya. (Randi Mulyadi/ita)

    Foto: AFP

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES