1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. P
  6.  » 
  7. PERNIKAHAN


  8. Reporter : Lia Harahap    4 Juli 2017 16:26

    Banyak lelaki menjadi gemuk setelah menikah, kenapa?

    Hidup yang lebih baik dengan pasangan terkadang membuat sebagia pria mengalami perubahan yang sangat dratis

    Feed.merdeka.com - Menikah membuat hidup dua insan manusia tentunya berbeda. Baik wanita maupun pria, akan merasakan hal-hal yang tak berubah setelah mereka terikat dalam janji pernikahan.

    Perubahan yang dimaksud bukan hanya soal tanggung jawab dan kewajiban. Tapi keseharian mereka.

    Entah hanya mitos, namun dalam banyak kejadian, pernikahan membuat hidup seseorang menjadi lebih teratur. Khususnya bagi sang suami, karena sudah ada istri yang memperhatikan. Mulai dari urusan kesehatan, penampilan sampai makanan selalu diperhatikan sang istri untuk suami tercinta.

    Hidup yang lebih baik terkadang membuat sebagia pria mengalami perubahan yang sangat dratis. Salah satunya pada bentuk badan. Banyak pria sudah menikah tubuhnya menjadi lebih gempal dari sebelumnya.

    Kenapa bisa terjadi?

    Dikutip dari vemale, peneliti dari Southern Methodist University, AS, dalam penelitiannya mengambil sampel terhadap 169 pasangan yang baru menikah selama 4 tahun. Peneliti juga mengukur berat badan mereka dan menanyakan apakah mereka puas dalam hubungan perkawinan mereka.

    Hasilnya, peneliti menemukan bahwa pasangan yang bahagia dalam pernikahan cenderung mengalami kenaikan berat badan. Sementara mereka yang tidak puas atau tidak bahagia cenderung mengalami penurunan berat badan.

    "Untuk setiap peningkatan kepuasan, baik individu atau pasangan, indeks massa tubuh (BMI) juga akan meningkat rata-rata sekitar 0,12 setiap enam bulan,” ujar pemimpin peneliti Andrea Meltzer, seperti dikutip Dailymail.co.uk.

    Menurut hasil penelitian lainnya yang ditulis oleh jurnal Families, Systems, and Health, 25 persen pria sangat mungkin mengalami kenaikan berat badan setelah menikah, dilansir oleh yourtango.com.

    Jika dibandingkan dengan pria single atau yang masih pacaran, pria yang sudah menikah lebih cepat gemuk dan mengalami kenaikan berat badan. Penyebabnya adalah cinta, karena mereka sudah nyaman dengan statusnya. Sehingga hal-hal sehat seperti menjaga pola makan, olahraga dan sebagainya terlupakan, apalagi jika istrinya suka makan dan wisata kuliner.

    Maka jangan heran jika suami Anda, atau kerabat pria yang baru menikah makin gemuk bahkan perutnya makin buncit. Yang harus diperhatikan, jangan sampai kenaikan berat badan jadi kebablasan dan merusak kesehatan.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES