1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. T
  6.  » 
  7. TEKNOLOGI


  8. Reporter : Juandi    18 September 2015 12:16

    Dampak Buruk Munculnya Tombol 'Dislike' di Facebook

    Tidak suka di dunia maya boleh jadi bentuk sinisme baru

    Feed - Facebook menjadi bahan pembicaraan banyak orang setelah adanya rancangan tombol tidak suka atau dislike. Tombol ini sendiri hadir pasca banyaknya tuntutan yang ditujukan pada CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Dan pada akhirnya, Zuckerberg menyerah hingga terciptlah tombol berlambang jempol ke bawah itu.

    Meski banyak pihak yang menyatakan tidak sabar untuk melihat tombol itu hadir, ternyata ada hal negatif yang bisa muncul karenanya. Seperti yang dilansir techradar.com, tombol ini sangat dekat dengan konotasi negatif. Apabila digaris besar, ada tiga dampak hebat yang akan muncul dari kemunculan 'dislike'.

    Menumbuhkan sinisme

    via techradar.com

    Sadarkah Anda sejak media sosial berkembang pesat, dunia jadi terasa semakin sinis? Pihak-pihak tidak bertanggung jawab akan dengan mudah mencela, memaki, dan memanipulasi orang lain tanpa peduli dampak yang ditimbulkannya.

    Tombol 'dislike' makin mempermudah budaya sinis ini untuk berkembang. Bayangkan seseorang yang tidak menyukai Anda dan ia diberi celah untuk menunjukan hal itu di hadapan banyak orang.

    Mempermainkan emosi

    via techradar.com

    Jika tombol 'dislike' resmi diterapkan, akan ada goncangan emosional yang dirasakan seseorang. Ia akan mulai membenci dirinya sendiri ketika banyak pihak yang memberi jempol ke bawah untuk foto diri ataupun kegiatannya. 

    Lain halnya dengan tombol 'like' yang akan selalu memotivasi seseorang dengan pujian jempol ke atas. Kalau pun ada yang tidak suka, ia akan memberikan komentar tak sedap tapi setidaknya akan dibumbui dengan komentar lain yang membela Anda.

    Melunturkan simpati

    via techradar.com

    "Tombol tidak suka memberi kesan penolakan tanpa harus mengetik," ujar Juan Martinez,  seorang penulis dari Techradar Pro. Contohnya seperti ini, jika ada hewan kesayangan Anda mati lalu Anda umumkan hal itu di Facebook dan malah mendapat tombol 'dislike', maka rasanya seperti tidak ada orang yang peduli dengan rasa duka Anda. Dengan kata lain, tombol ini mempermudah orang untuk tidak memiliki simpati pada pihak lain. 

    Baca juga:

    4 Teknologi Jempolan yang Harus Dimiliki Pelancong

    Fungsi Baru Facebook: Melawan Pikun Pada Lansia

    5 Hal yang Disembunyikan Facebook

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES