1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     6 Maret 2018 11:01

    Ajaib, 6 bahan rumahan ini ampuh obati tipes

    Sifat antimikroba pada bawang putih berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh..

    Feed.merdeka.com - Tipes atau demam tifoid adalah salah satu penyakit yang sering diderita, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi dan menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

    Pengobatan perlu segera dilakukan saat seseorang menunjukkan gejala tipes. Setelah didiagnosis tipes, dokter akan meresepkan antibiotik dan obat tertentu untuk membunuh bakteri penyebab tipes.

    Antibiotik ini harus diminum secara rutin untuk mencegah terulangnya infeksi di kemudian hari. Selain obat-obatan dari dokter, pasien juga bisa mengandalkan sejumlah bahan alami di rumah untuk mempercepat pemulihan.

    Namun, selalu konsultasikan dengan dokter atau perawat bila ingin menambahkan obat herbal tertentu dalam pengobatan tipes. Dikhawatirkan bahan alami tertentu bisa bereaksi dengan obat-obatan yang sedang dikonsumsi.

    Seperti dikutip dari hellosehat, berikut 6 bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat tipes

    1. Oralit

    Resusitasi atau penggantian cairan tubuh sangat penting untuk mencegah dehidrasi saat demam tipus. Sejak dulu, larutan oralit sudah dikenal. Oralit dapat membantu mengurangi gejala tipus dan mempercepat pemulihan.

    Anda juga bisa membuat oralit dengan tiga bahan dasar yang sudah pasti ada di rumah, yaitu gula, garam, dan air. Campurkan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula ke dalam 4 gelas air.

    Minum larutan oralit selama beberapa kali dalam sehari sampai tubuh benar-benar pulih. Atau membeli oralit kemasan di apotek terdekat lalu dilarutkan dalam segelas air.

    2. Cuka sari apel

    Cuka sari apel ternyata memberikan segudang manfaat untuk tubuh, termasuk mengembalikan energi pada pasien tipes. Sifat asam dari bahan alami ini dapat membantu mengeluarkan panas sehingga menurunkan suhu tubuh secara perlahan. Kandungan mineralnya turut menggantikan cairan yang hilang karena diare.

    Ada dua cara untuk menurunkan demam tipes dengan cuka sari apel. Pertama, campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air. Selanjutnya, minum larutan ini sebelum makan selama 5 sampai 7 hari.

    Cara kedua, campurkan cuka sari apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2. Rendam kain lap dalam cairan tersebut, peras, dan letakkan di dahi dan perut. Celupkan kembali saat kain lap sudah agak dingin dan ulangi sampai demam Anda turun.

    3. Bawang putih

    Selain bumbu dapur, bawang putih dapat digunakan sebagai obat tipes alami. Sifat antimikroba pada bawang putih berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan menjadi meningkat. Dan, proses pemulihan tipes pun semakin cepat.

    Makan dua siung bawang putih saat perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu hingga merasa lebih baik. Bisa juga mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihancurkan, secangkir susu, dan empat gelas air.

    Rebus larutan tersebut hingga tersisa seperempatnya dan minum sebanyak 3 kali sehari. Perlu dicatat, konsumsi bawang putih tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan bayi.

    Selanjutnya ===>>> daun selasih atau daun basil

    6 bahan rumahan ini ampuh obati tipes

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES