1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter :     19 Januari 2016 15:00

    9 Rahasia Melahirkan Ini Jarang Diketahui Orang

    Ada sembilan hal mengenai melahirkan yang belum menjadi pengetahuan umum.

    Feed.merdeka.com - Proses melahirkan meninggalkan kesan yang berbeda pada setiap orang. Ada yang merasa sedih, cemas, ataupun bahagia. Apapun perasaan yang dirasakan para ibu, proses melahirkan adalah sesuatu yang tidak akan terlupakan.

    Kesamaan lain adalah rasa sakit yang dialami ketika sebelum, saat, dan sesudah melahirkan. Mengutip dari Family Share.com, ada sembilan hal mengenai melahirkan yang belum menjadi pengetahuan umum.

    1. Due date tidak selamanya benar
    Hari Perkiraan Lahir (HPL) adalah semacam "garis akhir" yang dituju semua wanita hamil. Perhitungannya dimulai dari sejak titik darah pertama datang bulan terakhir hingga 40 pekan mendatang. Namun, HPL itu sering kali tidak tepat alias meleset. Maka itu jangan kaget jika Anda melahirkan tidak sesuai dengan HPL dari dokter kandungan.

    2. Epidural tidak menjamin mati rasa
    Suntik epidural menjadi pilihan bagi wanita yang tidak tahan dengan rasa sakit ketika kontraksi. Cara pengaplikasiannya melalui jarum suntik yang disuntikkan yang punggung dengan tujuan mematikan rasa sakit. Tapi bukan artinya kemudian Anda kebas karena beberapa wanita masih bisa merasakan sakit di bagian kaki dan tubuh bagian bawah.

    3. Anda bisa buang hajat ketika melahirkan
    Kemungkinan Anda juga akan buang air besar ketika proses melahirkan. Bila iya, tidak usah malu akannya. Ini bisa terjadi karena tekanan yang terjadi pada perut Anda sehingga mendukung sisa-sisa makanan yang telah dicerna untuk keluar. Dokter dan suster juga sudah terbiasa melihat kejadian ini.

    4. Bayi keluar bukan artinya selesai
    Proses melahirkan tidak berhenti ketika bayi sudah keluar. Anda masih harus mengeluarkan plasenta yang menjadi "rumah" sang bayi ketika masih di dalam kandungan. Proses ini sangat mudah dan tidak sesakit ketika melahirkan si adik kecil.

    5. Bayi Anda nampak terbalut benda putih
    Jangan kaget bila bayi Anda nampak berbalut keju karena itu sesungguhnya adalah vernix caseos yang bertugas melindungi kulitnya di dalam kandungan.

    6. Bayi berbulu
    Tidak usah khawatir melihat tampilan bayi Anda yang nampak berbulu di bagian lengan, punggung, dan tangan. Seiiring waktu, semua bulu itu akan rontok.

    7. Bentuk kepala bayi berubah
    Bila Anda melahirkan secara normal, tulang tengkorak di kepalanya akan menciut menyesuaikan dengan jalan keluar dari tubuh Anda. Segera sesudahnya, bentuk kepala ini akan kembali normal. Namun, teori ini tidak akan sama bila sang bayi dikeluarkan dengan cara divakum.

    8. Sakit amat sangat ketika perut dipijat
    Sesudah melahirkan, akan ada seseorang yang bertugas memijat keluar darah kotor dari perut Anda. Proses ini tidak enak dan akan menyakitkankan.

    9. Anda pulang dengan pakaian dalam yang kacau
    Pendarahan pasca-melahirkan akan terus berlangsung hingga enam pekan sesudahnya. Usahakan Anda menggunakan pakaian dalam yang nyaman untuk mengatasinya.

    Baca juga:

    Tips Mudah Meningkatkan Jumlah ASI

    Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

    Inilah Ciri Anda Hamil Anak Kembar

    Inilah Sederet Kenikmatan Ketika Hamil

    Rangkaian Selebriti Indonesia Ini Punya Anak Tanpa Hamil

     

     

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES