1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Anisha    19 Januari 2016 14:10

    Tips Mudah Meningkatkan Jumlah ASI

    Perhatikan langkah-langkah berikut agar asupan ASI selalu lancar.

    Feed.merdeka.com - ASI ( Air Susu Ibu ) merupakan makanan utama bayi usia nol hingga enam bulan. Ia mengandung ragam nutrisi, kekebalan, serta terbukti bisa meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu ASI dapat mencegah anak dari obesitas, sesak nafas, bahkan dapat mencegah terjadianya diare.

    Namun, bagaimana jika ASI sulit keluar? Perhatikan langkah-langkah berikut agar asupan ASI selalu lancar hingga selalu dapat Anda berikan kepada si kecil.

    1. Susui terus-menerus
    Semakin sering Anda menyusui sang bayi, semakin mudah susu dikeluarkan. Tidak usah terpaku mengikuti jadwal menyusui yang ketat. Asalkan dia lapar, langsung saja berikan ASI. Ini penting dilakukan di pekan-pekan awal setelah kelahirannya demi mengamankan pasokan ASI hingga beberapa bulan ke depan.

    2. Cobalah untuk istirahat
    Kurang tidur benar-benar mengurangi produksi susu Anda. Meski sulit menemukan waktu istirahat, cobalah pejamkan mata Anda sesaat. Bila Anda sudah merasa cukup tidur, mulailah bersantai dengan bayi Anda dan jangan telat makan. Semua ini akan membuat produksi ASI semakin lancar.

    3. Cari dukungan sesama Bu-Sui (Ibu Menyusui)
    Cobalah cari teman yang sama-sama sedang menyusui. Dengan demikian Anda memiliki tempat bersandar pada satu sama lain. Bila mereka lebih pengalaman daripada Anda, maka jangan sungkan untuk meminta masukan agar ASI tidak merasa terlalu menantang. Agar Anda tidak stres, hindari orang-orang negatif yang hanya memberi masukan buruk soal ASI.

    4. Minum banyak air
    Jika Anda mengalami dehidrasi, Anda akan membuat susu berkurang. Bila Anda sibuk mengurus bayi, pastikan ada air botol yang selalu tersimpan di dekat Anda, Cobalah juga untuk makan makanan yang kaya air seperti buah-buahan dan sayuran.

    5. Makanan dan ASI
    Anda tidak perlu makan makanan tertentu untuk membuat lebih banyak susu. Hanya cukup makanan seimbang yang mencakup berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan sedikit lemak.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih, bawang, dan mint membuat ASI terasa berbeda sehingga bayi Anda mungkin menyusui lebih banyak. Hindari makanan brokoli, kubis, dan kacang-kacangan agar anak tidak memiliki gas berlebih.

    6. Pijat Payudara Anda
    Pijat payudara dapat membantu untuk meningkatkan volume dan lemak susu Anda. Pijat payudara di dekat dada dan kemudian sedikit lebih jauh ke arah puting dan biarkan bayi Anda untuk meminumnya.

    Baca juga:

    Segera Lakukan Ini Bila Bayi Tersedak

    Gejala Tumor Otak pada Bayi

    Mengapa ASI Pertama Sangat Penting bagi Bayi Prematur?

    Inilah Gejala Autisme pada Bayi

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES