1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    12 Januari 2016 13:15

    Segera Lakukan Ini Bila Bayi Tersedak

    Jangan pernah memasukkan tangan Anda ke mulut anak yang tengah tersedak, kecuali...

    Feed.merdeka.com - Bayi yang berusia di bawah satu tahun sering mengalami tersedak. Itu karena mereka sering memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulutnya. Bisa juga bayi tersedak karena makanan yang terjebak dalam tenggorokan dan membuatnya susah bernapas. Seperti yang dilansir dari nhs.uk, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika menemukan bayi Anda dalam keadaan tersedak.

    1. Menepuk-nepuk punggung bayi
    Jika bayi Anda mampu untuk batuk, bantu mereka untuk terus melakukan hal itu agar benda yang tersangkut bisa keluar. Jika bayi tidak mampu untuk menangis, batuk, atau bernapas, tepuk punggungnya sedikit kencang dengan tumit tangan Anda --tumit adalah antara telapak tangan Anda dan pergelangan tangan Anda.

    Pangkulah bayi Anda dan biarkan kepalanya menghadap ke bawah. Letakan tangan Anda pada bagian rahangnya untuk memastikan bayi tetap bernapas. Hati-hati saat memegang rahangnya agar tidak membuatnya tercekik, kemudian Anda bisa menepuk punggung bayi dengan tumit tangan Anda 

    Beri jeda pada setiap pukulan, untuk melihat apakah benda yang tersedak sudah keluar. Jangan pernah berniat memasukkan tangan Anda untuk mengambil benda yang tersedak karena hal itu bisa membuatnya lebih masuk ke dalam. Jika cara ini tidak berhasil dan bayi masih tersedak, Anda bisa melakukan cara yang kedua.

    2. Menekan bagian dada bayi
    Hal ini merupakan keadaan darurat untuk membersihkan penyumbatan dari saluran pernapasanya. Perlu diingat agar tidak menekan bagian perut bayi. Baringkan bayi pada lengan Anda seperti saat Anda memangkunya. Anda juga bisa menggunakan bantal di bawah kepala bayi kemudian letakan dua jari Anda di dadanya. Tekan jari Anda selama lima kali dengan penekanan yang tidak terlalu dalam.

    Periksa bayi Anda, apakah benda yang tersumbat sudah keluar atau belum. Sangat penting untuk tidak memasukan jari Anda pada mulutnya kecuali jika benda tersebut terlihat dan Anda mampu mengambilnya. Jika setelah melakukan hal tersebut tiga kali dan bayi Anda belum terbebas dari tersedak, Anda harus segera menelepon bantuan medis. Tepuk-tepuk punggung bayi hingga bantuan datang.

    [crosslink_1] [crosslink_2]

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES