1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    11 Januari 2016 17:05

    Selesai Baca Ini, Anda Tidak Lagi Remehkan Gusi Sakit

    Sakit gusi itu lebih sakit daripada putus cinta!

    Feed.merdeka.com - Pernahkah Anda mendengar bahwa kesehatan gigi berkaitan dengan kesehatan seluruh tubuh? Ternyata hal itu benar. Selain kesehatan gigi, kesehatan gusi juga merupakan salah satu faktor penting untuk kesehatan seluruh tubuh.

    Ketika gusi Anda sakit, hal tersebut akan meningkatkan risiko kesehatan lainnya. Seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung. Seperti yang dilansir dari nhs.uk, penyakit gusi juga sering dikaitkan dengan masalah pada kehamilan dan demensia.


    Peyakit gusi yaitu infeksi yang terjadi pada jaringan gigi, terutama disebabkan oleh bakteri dari plak yang tumbuh pada gigi. Pada beberapa pasien yang rentan terhadap penyakit ini, kadang terjadi peradangan di sekitar gusi.

    Akibat dari radang tersebut yaitu memengaruhi aliran darah. Perlahan-lahan akan merusak pembuluh darah di jantung dan otak, dalam jangka waktu yang panjang. Penyakit gusi telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, serangan jantung, diabetes, rematik, dan radang sendi.

    Kabar baiknya, Anda dapat mencegah gusi anda sakit dan menjaganya tetap sehat dengan menyikat gigi secara benar dan teratur. Menyikat gigi dengan rutin minimal dua kali sehari selama dua menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

    Anda juga bisa membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dengan menggunakan benang gigi. Anda juga harus rajin memeriksakan keadaan gigi, gusi, dan mulut Anda ke dokter gigi. Hal ini juga sangat penting dilakukan oleh wanita yang sedang hamil dan wanita yang telah melahirkan.

    [crosslink_1]

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES