1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. S
  6.  » 
  7. SAINS


  8. Reporter : Arman Maulana Azis    12 Januari 2016 11:09

    Gejala Bayi Alergi pada Gluten, Orangtua Wajib Tahu!

    Bayi yang alergi gluten nampak seperti sedang diare, padahal lebih parah dari itu.

    Feed.merdeka.com - Gluten umumnya ditemui dalam gandum, olahan gandum seperti bubur bayi, biskuit, dan roti. Dalam beberapa kasus kesehatan, terjadi alergi pada bayi yang alergi pada gluten. Penyakit ini disebut sebagai penyakit celiac.

    Mengutip dari momjunction.com, bayi yang mengidap celiac akan alergi pada gluten yang akan menyebabkan komplikasi. Bayi akan muntah, menderita diare, atau menampilkan gejala alergi lain.

    Penyakit celiac adalah gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap gluten --protein yang terdapat pada gandum dan olahan gandum lainnya. Pada orang yang mengidap penyakit ini, sistem kekebalan dinding ususnya akan diserang. Jika sistem ini terganggu, akan menyebabkan gangguan gizi, menimbulkan anemia, tulang lemah, dan pertumbuhan yang buruk pada bayi.

    Penyebab utama penyakit ini yaitu faktor keturunan. Mutasi genetik tertentu dapat menyebabkan penyakit celiac pada bayi. Namun tidak menutup pula faktor eksternal dan beberapa jenis infeksi yang dapat memicu kondisi ini. Berikut ini gejala yang muncul pada bayi yang mengidap penyakit celiac. Jika bayi Anda terlihat mengalami tanda-tanda berikut baiknya segera periksakan ke dokter.

    Perut bayi akan membengkak, pertumbuhan yang buruk, berat badan tidak seimbang, sakit perut, diare, dan sembelit. Tanda yang lainnya yaitu bayi terlihat lemah, perut kembung, muncul ruam di kulit, anemia, pertumbuhan tulang yang buruk, fungsi limpa yang buruk, sakit kepala, nyeri sendi, dan kelelahan.

    Tanda-tanda tersebut mungkin terlihat normal seperti bayi yang diare atau kembung. Tetapi jika diare berlangsung lebih dari dua minggu atau sering terlihat kesakitan, Anda harus segera berkonsultasi pasa dokter. Jika bayi Anda positif mengidap penyakit celiac, cara mengobati yang paling dasar yaitu membuang jauh-jauh gandum dalam menu makanannya.

    Penting pula untuk Anda ketahui bahwa penyakit celiac berbeda dengan alergi pada gandum. Penyakit celiac merupakan suatu kondisi autoimun di mana orang yang mengonsumsi gluten dapat terserangan sistem kekebalannya di usus kecil.

    Sedangkan alergi pada gandum merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh pada protein yang ada pada gandum, misalnya gluten. Perbedaannya jika bayi mengalami alergi pada gandum, bayi akan mengalami kesulitan bernafas, gatal-gatal, ruam, iritasi mata, dan hidung tersumbat.

    [crosslink_1]

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES