1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KULINER


  8. Reporter : Indra    19 Mei 2015 16:05

    5 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Merasa Senang

    Suasana hati bisa dikendalikan dengan banyak cara, salah satunya dengan makanan ini.

    Feed - Suasana hati manusia kadang sulit untuk ditebak. Kadang naik, kadang turun. Gawatnya, ketika mood sedang turun, perasaan marah seseorang lebih rentan untuk muncul.

    Sebagai pencegahaannya, seperti dilansir huffingtonpost.com, suasana hati bisa dikendalikan dengan banyak cara. Anda bisa melakukan meditasi ringan, tidur, tertawa, atau bermain dengan hewan peliharaan.

    Tak hanya itu, ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa seseorang bisa memakan makanan yang bisa membangkitkan perasaan bahagia. Apa saja itu?

    Makanan kaya probiotik

    via livestrong.com

    Sebuah studi baru di Belanda menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi suplemen probiotik atau plasebo secara signifikan mengurangi suasana hati sedih. Makanan yang kaya akan probiotik antara lain yogurt, tempe, susu kedelai, dan acar.

    Buah-buahan dan sayuran

    via barbadosunderground

    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan British Journal of Health Psychology, menemukan bahwa asupan tinggi dari buah-buahan dan sayuran menghasilkan lebih banyak energi, memberikan efek tenang, dan rasa kebahagian yang lebih besar.

    Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Social Indicators Research, menunjukkan bahwa mengkonsumsi jumlah buah dan sayur bisa meningkatkan kesejahteraan mental.

    Kopi

    via noblypos.com

    Siapa yang bisa menolak nikmatnya kopi? Selain digunakan sebagai pendongkrak tenaga, kopi juga bisa memberikan efek kesenangan. Secangkir kopi bisa membawa kita dekat dengan lingkungan, akrab dengan persahabatan, kepuasan, dan alam.

    Studi lain yang dipublikasikan dalam JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari, 15 persen lebih kecil untuk merasa depresi selama rentang 10 tahun, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

    Coklat hitam

    via popsugar.com

    Cokelat hitam bisa membawa senyum pada siapa pun. Kandungan antioksidan dalam cokelat hitam dapat memicu dinding pembuluh darah untuk bersantai, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi.

    Itu sebabnya mengapa mengonsumsi sekitar satu ons coklat setiap hari selama dua minggu bisa mengurangi tingkat hormon stress seseorang.

    Jamur

    via promsmusicwalk.com

    Jamur punya kandungan nutrisi yang unik dam kaya akan selenium. Dalam sebuah penelitian, jamut kerap kali dikaitkan sebagai obat untuk meredakan depresi, kecemasan, dan kelelahan.

    Jamur juga satu-satunya sumber tanaman alami yang kaya vitamin D. Dalam sebuah studi, ilmuwan menemukan bahwa mereka yang menaikkan asupan vitamin D ada kemungkinan untuk mengalami suasana hati lebih tenang.

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES