1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter : Indra    8 Juli 2015 13:48

    5 Ancaman Kesehatan Dari Kecap

    Di balik rasa asin dan manisnya yang nikmat, kecap juga memiliki ancaman bagi kesehatan.

    Feed - Kecap merupakan salah satu bahan paling populer di dunia kuliner. Keberadaannya tentu tak hanya sebagai pelengkap, melainkan penyempurna rasa di setiap olahan makanan.

    Namun di balik rasa asin dan manisnya yang nikmat, kecap juga memiliki ancaman bagi kesehatan. Seperti dikutip boldsky.com, kecap fermentasi mengandung sejumlah bahan kimia yang disebut isoflavon, salah satu bahan kimia utama yang mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal lainnya pada manusia. Simak ancaman apa saja yang datang dari kecap.

    1. Kanker payudara

    via cocktaildeeva.com

    Isoflavon hadir dalam kecap yang terbukti bertindak sebagai katalis untuk berkembangbiaknya sel-sel kanker di payudara. Tak cuma itu, kecap juga dilaporkan menimbulkan sejumlah gangguan dalam siklus menstruasi.

    2. Mengganggu hormon tiroid

    via amazine.co

    Kecap fermentasi kedelai mengandung goitrogens yang sejenis dengan isoflavon. Kimia ini dapat menyebabkan hipotiroidisme yang mengganggu reaksi hormon tiroidal.

    3. MSG hadir dalam Kecap

    via theglobeandmail.com

    Kecap yang kita konsumsi ternyata mengandung banyak MSG. Saat proses pembuatan kecap, asam glutamat terbentuk yang dapat memengaruhi fungsi neurologis, mengganggu mobilisasi seseorang dalam masa produktif.

    4. Mengganggu penyerapan mineral

    via webconsultas.com

    Kecap mengandung fitata dalam jumlah tinggi yang mengganggu proses pencernaan sekaligus menghalangi penyerapan mineral dalam tubuh manusia.

    5. Risiko penyakit kardiovaskular

    via goredforwomen.org

    Garam jadi bahan pelengkap yang dimasukkan dalam jumlah besar saat proses pembuatan kecap. Kandungan garam yang tinggi selalu menimbulkan risiko naiknya tekanan darah.

    Baca juga: Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

    Bahaya Mie Instan Buat Ibu Hamil

    Bahaya Kue Cubit Bagi Kesehatan

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES