1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. A
  6.  » 
  7. ARTIS


  8. Reporter : Lia Harahap    29 Mei 2017 09:43

    Mengenal Psoriasis, penyakit langka yang diderita istri Caisar YKS

    Indadari Mindrayanti, istri Caisar, sejak delapan tahun terakhir menderita penyakit tersebut. Psoriasis jenis penyakit kulit dan langka.

    Feed.merdeka.com - Selama beberapa waktu terakhir, Caisar Aditya Putra atau yang lebih dikenal dengan Caisar YKS, bersama istrinya, Indadari Mindrayanti, berada di Prancis. Bukan untuk berlibur, melainkan melakukan pengobatan.

    Lebih kurang sejak delapan tahun terakhir, istri Caisar divonis menderita Psoriasis. Penyakit itu tergolong langka. Pengobatannya juga butuh biaya ekstra. Namun, demi kesembuhan, keduanya sepakat berobat ke Prancis.

     Mereka yang menderita, akan merasakan gatal yang luar biasa pada kulit. Ciri awalnya seperti ruam memerah, kemudian terkelupas, mengering dan menimbulkan sisik.

    Dikutip dari psoriasisindonesia.org, Psoriasis sendiri adalah penyakit inflamasi kronis yang disebut autoimune dan metabolik Syndrom. Penyembuhannya ada yang cepat namun beberapa butuh waktu yang cukup lama.

    Secara klinis, penyakit ini tidak mengancam jiwa si penderita, tidak juga menularkan pada orang lain. Hanya saja, kemunculannya pada kulit pastinya membuat tingkat percaya diri seseorang menjadi kurang.

    Pada kulit manusia normal, biasanya pergantian terjadi lebih kurang dalam 28 hari. Sedangkan pada penderita Psoriasis (ODPA) pergantian kulit begitu cepat, bahkan bisa sampai 2 hari.

    Belum diketahui penyebab pasti dari penyakit ini. Namun beberapa penelitian dokter menyebut penyakit itu timbul karena garukan/gesekan atau tekanan yang berulang-ulang pada kulit. Misalnya, pada saat gatal digaruk terlalu kuat. Bila Psoriasis sudah muncul dan kemudian digaruk atau dikorek maka mengakibatkan kulit bertambah tebal.

    Atau sebab lainnya, karena mengonsumsi obat anti hipertensi dan antibiotik terlalu banyak, mengoleskan obat atau pelembap yang terlalu keras untuk kulit. Bisa juga, tingkat stress seseorang menyebabkan timbulnya Psoriasis.

    Untuk proses penyembuhannya, tenaga kesehatan sendiri belum menemukan obat khusus agar penyakit ini dapat sembuh total. Namun biasanya, Psoriasis dalam sembuh dengan sendirinya bila siklus kekacauan pergiliran sel kulit normal atau dapat di atasi dengan obat. Masa ini dikenal sebagai masa remisi. Untuk mencapai keadaan remisi itu diperlukan kerjasama yang baik antara pasien dengan dokter yang merawat.

    Hasilnya pun belum bisa sembuh total, namun paling tidak menguranginya. Adapun jenis Psoriasis yakni Psoriasis Guttate, Psoriasis Inverse, Psoriasis Kuku, Psoriasis Plak, Psoriasis Pustular, Psoriasis Scalp, Psoriasis Palm Hand & Foot, Psoriatik Arthritis, dan Psoriasis pada Rongga Mulut.

    Terkait kondisi istri Caisar, setelah menjalani pengobatan di salah satu klinik di Prancis, rencananya Indadari segera pulang ke Tanah Air. Sebab dari tiga minggu proses terapi yang dijalani, hasilnya menunjukkan sedikit perubahan. Kebahagiaan dan syukur itu diceritakan Indri dalam akun Instagram miliknya:

    "...Terima kasih untuk segala kebaikan dan kasih sayang juga perhatian yang telah di berikan selama saya melakukan therapi di Avene Center . Sungguh pengalaman yang tdk akan saya lupakan,banyak cerita, banyak cinta dan banyak hikmah yg saya alami selama disini. .
    Hari ini hari terakhir saya di Avene sebelum besok saya harus brgkt ke paris untuk segera pulang ke Indonesia. Udah kangen banget jg sama anak2 di rumah,hehe

    Berita bahagia in syaa Allah akan saya bawa pulang ke indonesia krn hasil therapy selama 3 minggu ini setelah di cek lagi kemarin menyatakan 82% psoriasis saya membaik. Alhamdulillah 😍 . Sayapun merasakan hasil yang luar biasa dan begitu hasil data keluar sayapun kaget n dokter Sabin (yg berdiri disamping saya) kaget n campur seneng,krn katanya utk jenis Pso seperti saya cenderung sangat sulit di obati tp ini hasilnya luar biasa,bahkan dia blg hasil therapi saya adalah hasil therapi terbaik minggu ini, bahkan Mungkin Tahun ini. Wow.. Alhamdulillah. .
    Selain dokter n pihak Avene prancis ( perempuan paling kiri) , tentunya Saya, Avene Indo ( Bpk. Irwan, samping Caisar ) pun sangat bahagia ketika melihat hasil review hydrotherapi yg saya jalani tersebut.

    Trm ksh juga buat ortu,sahabat n teman2 yg sudah ikt mendoakan saya selama saya therapy disini,mgkn ini berkat doa kalian semua juga. Jazaakumullah khayraan."

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES