1. HOME
  2.  » 
  3. TAG
  4.  » 
  5. K
  6.  » 
  7. KESEHATAN


  8. Reporter :     12 Oktober 2017 18:01

    Terungkap, ini penyebab kenapa orang bisa cadel

    Tak sedikit juga orang yang tetap cadel hingga dewasa.

    Feed.merdeka.com - Mungkin ada sebagian orang yang sulit menyebut huruf R. Mereka biasanya menghindari kata-kata yang memiliki huruf tersebut. Masyarakat menyebut gejala seperti ini dengan cadel.

    Cadel biasanya terjadi pada anak-anak. Tetapi tak sedikit juga orang yang tetap cadel hingga dewasa. Mereka sangat kesulitan untuk menyebutkan satu huruf dengan jelas. Selain R, ada juga beberapa huruf lainnya yang menyebabkan orang cadel. Yaitu, T, P, Z, P, L, K, dan S.

    Nah lantas, kenapa sih orang-orang bisa cadel?

    Berdasarkan penjelasan video unggahan akun Kok Bisa? di Youtube, ternyata cadel disebabkan oleh beberapa organ tubuh. Seperti pita suara, gigi, lidah, dan bibir.

    Pada lidah misalnya, saat membran di bawahnya lebih pendek atau panjang, akan mengakibatkan lidah sulit bergetar dan bersilat dengan baik. Atau, ukuran lidah kita lebih besar dari semestinya. Lihat video ini

    Selain pada organ tubuh, kebiasaan sejak kecil juga mempengaruhi. Anak-anak yang baru belajar bicara, akan mengikuti orang dewasa. Namun kemampuan bicaranya belum cukup, sehingga terdengar cadel. Kalau kebiasaan itu tidak diubah, cadelnya akan menjadi kebiasaan hingga dewasa. (randi mulyadi/poy)

    WHAT DO YOU THINK?
    MUST READ STORIES